Breaking News:

Kepala BNPB Doni Monardo Apresiasi Kinerja Pemkot Pariaman Dalam Merawat Pohon Pinaga

Kepala BNPB Doni Monardo kunjungi kawasan pantai Ma'ruf Amin Pariaman, Rabu (14/4/2021) sekitar pukul 16.30 WIB. Doni Monardo didampingi Gubernur Sum

Penulis: Wahyu Bahar | Editor: Mona Triana
TribunPadang.com/Wahyu Bahar
Kepala BNPB Doni Monardo didampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi, Walikota Pariaman Genius Umar, Wakil Walikota Pariaman Mardison dan pejabat lainnya melihat langsung pohon pinaga yang telah ditanami. Rabu (14/4/2021) 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Wahyu Bahar

TRIBUNPADANG.COM, PARIAMAN - Kepala BNPB Doni Monardo kunjungi kawasan pantai Ma'ruf Amin Pariaman, Rabu (14/4/2021) sekitar pukul 16.30 WIB.

Doni Monardo didampingi Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah dan rombongan disambut  Walikota Pariaman Genius Umar dan Wakil Walikota Pariaman Mardison.

Pada kesempatan tersebut, Doni Monardo meninjau kembali pohon pinaga yang ditanam di bibir pantai desa Taluak saat kunjungan wapres beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kepala BNPB Ingatkan Ancaman Gempa dan Tsunami di Sumbar, Masyarakat Harus Tingkatkan Kesiapsiagaan

Baca juga: Dua Alasan Kepala BNPB Doni Monardo ke Sumbar, Ungkap soal Ancaman Gempa dan Tsunami

Baca juga: Rilis BNPB: 41 Orang Meninggal, 7 Orang Hilang Jadi Korban Banjir Bandang Adonara Flores Timur

Doni meminta penghijauan di bibir pantai dengan tumbuhan pinaga ini tetap berkelanjutan.

Kata Doni, Penghijauan tersebut adalah bentuk realisasi program vegetasi di Pantai Pariaman. Langkah tersebut adalah upaya penanggulangan resiko bencana.

"Tsunami dan abrasi sekiranya dapat dikurangi dampaknya dengan usaha-usaha penghijauan di bibir pantai tersebut," ujar Doni.

Baca juga: Lapas Padang Belum Punya Shelter Meski Ada 1.000 Warga Binaan, BPBD akan Surati BNPB

Baca juga: Doni Monardo Resmikan Ruang Bernadus Wisnu Widjaja, Jadi Nama Ruangan di BNPB

Baca juga: BNPB Melaporkan Hingga Hari Ini Minggu (17/1/2021), Korban Gempa Sulbar 56 Meninggal & 826 Luka-luka

Doni melanjutkan sebagai daerah yang rawan bencana, ia berharap konsistensi pemkot dalam merawat tanaman-tanaman tersebut.

"Sumatera Barat punya potensi tinggi untuk terjadinya bencana, karena itu di sepanjang pantai Sumatera hendaknya dapat mengantisipasi dengan program vegetasi tanaman, sebagai langkah untuk mitigasi bencana apabila benar-benar terjadi," ungkapnya.

Pantauan TribunPadang.com, Doni Monardo juga sempat menggali tanah, memberi pupuk, dan menyiram langsung pohon pinaga yang sudah ditanami tersebut.

Baca juga: BNPB Rekomendasikan Sejumlah Strategi Hadapi Fenomena La Nina, Antisipasi Peristiwa Ekstrem

Baca juga: BNPB Pusat Distribusikan APD Gunakan Helikopter, Penanganan Percepatan Covid-19 di Pesisir Selatan

Baca juga: BNPB Datangkan 1 Helikopter Jenis Chinook ke Sumbar, Dukung Penanganan Bencana

Doni Monardo turut menyampaikan apresiasi kepada pemkot Pariaman.

"Dan hari ini saya melihat kesungguhan dari Pemkot Pariaman,  setelah ditanam pak wapres, dan pejabat yg hadir, dan dirawat. Ini bisa jadi contoh untuk daerah lain, bukan berapa banyak kita menanam pohon, tapi berapa banyak pohon yang tumbuh," ucap Doni.

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar juga menyadari bahwa daerahnya berpotensi besar diterjang bencana gempa dan tsunami sehingga vegetasi menjadi pilihan sebagai mitigasi bencana.

"Dengan kita menanam pohon di sepanjang pantai pariaman, dampaknya nanti bisa dapat mengurangi dampak tsunami, sehingga hal ini sangat diperlukan," kata Genius. (*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved