Breaking News:

Jurusan Sejarah FIB Unand Adakan Konferensi Internasional, Melalui Webinar: History Health in Asia

Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas mengadakan Konferensi Internasional bertema History Health in Asia dalam bentuk

Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOKUMENTASI SEJARAH FIB UNAND
Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas mengadakan Konferensi Internasional bertema History Health in Asia dalam bentuk webinar pada Kamis (15/10/2020) 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas mengadakan Konferensi Internasional bertema History Health in Asia dalam bentuk webinar pada Kamis (15/10/2020). 

Ketua panitia Yenny Narny, Ph.D, mengemukakan konferensi akan dihelat selama tiga hari dengan tema-tema menarik lainnya.

Di antaranya, sejarah kesehatan dan kebencanaan, naskah dan pandemi, dukun dan pandemik, penyakit dan daya tahan masyarat, serta lainnya.

Menurutnya, para pembicara dalam konferensi ini berasal dari berbagai tempat, seperti Amerika Serikat, Australia, dan Indonesia. 

Baca juga: MSI Cabang Sumbar Bakal Pilih Ketua Baru dan Gelar Seminar Pahlawan Nasional

"Pada hari pertama konferensi dibuka oleh keynote speaker Prof Hans Pols, Guru Besar Sejarah kesehatan dari Universitas Sidney, dan Prof Rebecca Fanany dari Queensland University, Australia," ujar Yenny melalui ruilis seusai webinar, Kamis siang. 

Pihaknya mengaku cukup beruntung karena di era 4.0 ini kecangihan teknologi memungkinkan kita untuk melakukan hal itu. 

"Kegiatan berjalan berjalan secara sinergis dan  melibatkan dosen dan mahasiswa baik dari sisi perencanaan maupun dalam pelaksanaannya. Direncanakan kegiatan ini akan dilakukan secara continue setiap tahun.”

Dikatakan, kedua pembicara membahas sejarah pandemik, termasuk Covid-19. Keduanya sepakat bahwa Covid-19 ini merupakan masalah besar bagi manusia dan kemanusiaannya.

"Berdasarkan pengalaman mereka sebagai peneliti, pemerintah dan masyarakat mesti meletakkan perhatian yang kuat mengatasi penyebaran Covid-19 dengan memerhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," ujarnya.

Sebelumnya, konferensi internasional ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya, yang diwakili oleh Wakil Dekan II, Drs. Rumbardi, M.Sc.

Baca juga: Robert Cribb Ulas Sisi Kolektif Memori, Partisipan Webinar Sejarah FIB Unand Jadi Antusias

Baca juga: Prodi Sejarah FIB Unand Gelar Webinar: History and Collective Memory, Narasumber Robert Cribb

Tampil sebagai moderator adalah Diah Tjahaja Iman, Ph.D yang diikuti para peserta diskusi atau partisipan dari berbagai elemen masyarakat. Mereka berlatarkan para peneliti, dosen, pemerhati kesehatan, mahasiswa dari berbagai tempat di Indonesia dan luar negeri.

Selanjutnya, Jumat (16/10/2020) besok memasuki hari kedua konferensi akan dibuka dengan presentasi Dyah Pitaloka, Ph.D, Ravando, M.A, dan dimoderatori oleh Annie Pohlman, Ph.D dari University of Queensland, Australia.

Terakhir imbunya seminar akan ditutup pada Sabtu (17/10/2020) atau hari ketiga dengan mendatangkan pembicara utama Y Bhiem Nie dari AS.(*/rel)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved