Breaking News:

Robert Cribb Ulas Sisi Kolektif Memori, Partisipan Webinar Sejarah FIB Unand Jadi Antusias

Nara sumber Sejarawan asal Australia, Robert Cribb, menguraikan tentang kolektif memori dalam Webinar History and Collective Memory Lecturer

Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA
Ilustrasi: Lecturer Program 2, yang diselenggarakan oleh Jurusan Sejarah FIB Universitas Andalas (Unand) 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Nara sumber tunggal Sejarawan asal Australia, Robert Cribb, menguraikan tentang kolektif memori dalam  Webinar History and Collective Memory Lecturer Program 2, Sabtu (10/10/2020).

Program studi (Prodi) atau Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas (Unand) menghadirkan Sejarawan yang juga Indonesianis, Robert Cribb dimoredatori Yudhi Andoni, SS, MA, seorang Dosen Sejarah FIB Unand.

Sebelumnya, Dekan FIB Unand, Dr Hasanuddin membuka webinar yang diikuti oleh ratusan partisipan dari berbagai latar perguruan tinggi di tanah air dan lainnya. 

Robert Cribb mengulas tentang memori adalah kemampuan untuk mengingat masa lalu yang muncul pada saat sulit, bahagia, sedih, serta buruk, atau menyenangkan dan lainnya.

"Pertama, orang cenderung membentuk ingatan pribadinya agar sesuai dengan ingatan komunitas. Kedua, orang memilah ingatannya, apa yang harus diingat dan apa yang harus dilupakan. Ketiga, beberapa orang menyerap dan mengambil ingatan orang lain," ujar Cribb.

Sedangkan, masalah bagi sejarawan dikatakan bahwanya ingatan itu tidak seperti halaman di buku secara tertulis.

Menurutnya, memori kolektif memiliki peran sosial yang penting dalam komunitas dan menjadi penting.

Di antaranya, sebagai kerangka berpikir orang mempelajari masa lalu, menciptakan identitas dan menciptakan kerangka moral dari pencapaian atau kesalahan nenek moyang dan lainnya.

Sejauh ini serangkaian hasil riset nara sumber Robert Cribb tentang Indonesia relatif banyak menjadi rujukan bagi para peneliti.

Sesi tanya jawab, mengemuka sederetan pertanyaan kepada nara sumber tunggal kali ini. Di antaranya, Ketua Prodi Sejarah FIB Unand, Dr Anatona M,Hum, Ketua Program Pascasarjana Sejarah Unand, Dr Nopriyasman, M.Hum, Dekan FIB Universitas Sumatera Utara (USU), Dr Budi Agustono serta para akademisi lainnya dari Universitas Indonesia, serta mahasiswa,

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved