Breaking News:

Kisah Tugu Pasa Banda Buek Versi Warga : Urang-urang Bagak, atau Para Pemberani Menghadapi Penjajah

Pasar Bandar Buat yang berada di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), hingga kini memiliki andil dalam sejarah per

Penulis: Panji Rahmat | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/RAHMAT PANJI
Tugu peristiwa Pasar Bandar Buat, yang kini masuk wilayah Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki), Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) masih terlihat berdiri kokoh.  

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Pasar Bandar Buat yang berada di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), hingga kini memiliki andil dalam sejarah peristiwa pada pasca kemerdekaan Indonesia.

Hanya saja, keberadaan monumen atau lebih tepatnya, tugu itu nyaris luput dari pandangan oleh sebagian besar pengunjung pasar tersebut.

Padahal, bagi mereka yang menatap tugu diperkirakan akan bertanya apa maksud dari 2 patung pria dan 1 perempuan yang ada persis di depan pasar Bandar Buat, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumbar.

Keberadaannya saat ini di dekat tempat pembuangan sampah di dekat pintu masuk menuju pasar Bandar Buat.

Meski masih berdiri kokoh dengan cat yang menempel di sekujur tugu, poisisi tugu itu seperti terabaikan oleh pandangan mata orang, yang melintas di jalan lintas Padang - Solok itu.

Para pedagang setempat juga tidak banyak tahu bahwa ada 50 korban jiwa pada 18 Januari 1947 di Pasar Bandar Buat, gegara serangan brutal Belanda.

Pedagang setempat mengaku itu adalah orang-orang pemberani, yang pernah ada di pasar Bandar Buat.

"Itu urang-urang bagak (orang pemberani) di Pasar Bandar Buat," beber pedagang.

Ada juga yang menyebut itu adalah simbol dari perjuangan, tanpa mengetahui sesungguhnya secara persis wujud perjuangan serta peristiwa yang terjadi.

Baca juga: Soal Pedagang yang Jualan di Area Parkir, Kepala UPTD Pasar Bandar Buat : Disinyalir Pedagang Baru

UPTD Pasar Bandar Buat, Yurman Tanjung mengaku untuk persoalan tugu itu hanya beberapa orang yang tahu.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved