Breaking News:

Webinar Sejarah FIB Unand Mengungkap Kisah-kisah di Penjara Plantungan, Lecturer Program 2020

Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas (FIB Unand)mengungkap kisah di Plantungan melalui webinar series terakhir dari Lecturer Progr

Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK.PRODI SEJARAH FIB UNAND
Ilustrasi: Jurusan Sejarah FIB Unand, kembali menyelenggarakan Webinar Lecturer Program secara daring melalui aplikasi zoom dan live youtube yang terdiri dari empat Series hingga 9 November 2020. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas (FIB Unand) mengungkap kisah di Plantungan melalui webinar series terakhir dari Lecturer Program untuk Tahun 2020 pada Senin (9/11/2020).

Lecturer Program kali ini menggandeng Amurwarni Dwi Lestari Ningsih, M. Hum  sebagai pembicara dan Drs. Armini, M Hum, seorang dosen di FIB selaku moderator dalam diskusi.

Amurwarni Dwi Lestari Ningsih, M. Hum, mengangkat topik mengenai Kisah-kisah di Penjara Plantungan dengan judul presentasi “From The Political State to Plantungan (Dari Politik ke Plantungan)”.

Ketua panitia Lecturer Program, Yenny Narny, SS, MA, PhD mengemukakan Lecturer Program untuk Tahun 2020 merupakan seri terakhir untuk kali ini.

Baca juga: Webinar History and Health in Asia di Sejarah FIB Unand Berakhir, Etnik dan Pandemi Jadi Bahasan

Baca juga: Webinar History and Health in Asia Oleh Sejarah FIB Unand Berlanjut, Bahas Penanganan Covid-19

Menurutnya, pembicara Lecturer Program Rahun 2020 seri terakhir merupakan seorang Peneliti dan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai kemendikbud RI,

"Dalam presentasinya, beliau (pembicara Amurwarni Dwi Lestari Ningsih, M. Hum) membicarakan tentang para aktivis penggerak politik sebelum Tahun 1965, termasuk dalam anggota organisasi di bawah PKI yang ditahan di penjara Plantungan," ujar Yenny Narny melalui rilis, Senin.

Dikatakan, topik yang diangkat pembicara yakni berdasarkan hasil penelitian beliau yang sudah dilakukannya semenjak Tahun 2004.

Lanjutnya, Plantungan sendiri merupakan sebuah penjara tempat penampungan para tahanan perempuan kelas B atau perempuan yang masih kontak dengan kegiatan PKI Tahun 1971 silam.

Para tahanan yang merupakan anggota dari organisasi dibawah PKI ini ditahan untuk melindungi mereka dari amuk masa pasca peristiwa 1965.  

Baca juga: Webinar: Sejarah dan Kreativitas Bahasa Orang Minang, Kepiawaian Urang Awak Mengolah Kata

Baca juga: Sejarah FIB Unand Gelar Webinar: Kajian terhadap Kekerasan Seksual dan Gender terhadap Perempuan

Hingga agenda Lecturer Program Seri keempat ini juga masih mendapat sambutan yang antusias dari peserta.

"Terdapat lebih dari 150 orang peserta yang hadir untuk berpartisipasi dalam webinar ini," jelasnya.

Banyak pertanyaan yang dilontarkan peserta kepada pembicara dan dikarenakan keterbatasan waktu, beberapa pertanyaan belum dapat dijawab.

Setelah sesi diskusi, imbuhnya Lecturer Program pun diakhiri dan ditutup oleh Sekretaris Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas, Yudhi Andoni, SS, MA.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved