Kabupaten Sijunjung

Jadikan Geopark Silokek Menjadi UGG, Pemkab Sijunjung Belajar ke Ciletuh Pelabuhanratu

Dalam rangka mempersiapkan Geopark Ranah Minang Silokek, menjadi UNESCO Global Geopark (UGG), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung, berkunjung ke

Penulis: Hafiz Ibnu Marsal | Editor: Mona Triana
istimewa
Penandatanganan kerjasama Badan Pengelola Geopark Silokek dengan Badan Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (13/4/2022) 

Laporan Reporter TribunPadang.com, Muhammad Hafiz Ibnu Marsal

TRIBUNPADANG.COM, SIJUNJUNG - Dalam rangka mempersiapkan Geopark Ranah Minang Silokek, menjadi UNESCO Global Geopark (UGG), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung, berkunjung ke Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (13/4/2022).

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir menyebut kunjungan kerja tersebut, bertujuan untuk membangun kerja sama dengan Kabupaten Sukabumi, dalam mempersiapkan Geopark Silokek menjadi UGG.

Baca juga: Pendaftar Calon Jamaah Haji Menurun di Sijunjung Tahun 2021, Efek Covid-19 dan Lamanya Masa Tunggu

Baca juga: Soal Kenaikan ONH, Kemenag Kabupaten Sijunjung Menunggu Turunan Surat dari Pusat

"Kami datang ke Sukabumi lengkap dengan jajaran, stakeholder untuk membangun komitmen Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Sukabumi," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk menjadikan Geopark Silokek menjadi UGG, perlu belajar kepada Pelabuhanratu Ciletuh yang telah lebih dahulu ditetapkan sebagai UGG.

Baca juga: Wabup Sijunjung Salurkan Bantuan untuk Korban, Rumah Terbakar Saat Berbuka Puasa

Baca juga: Wagub Audy Joinaldy Serahkan Bantuan Rp 50 Juta untuk Bangun Mesjid Jihad Lubuk Tarok Sijunjung

"Kami akan mendalami dari segi administrasi dan kesiapan lainnya, apa saja yang telah dilakukan Kabupaten Sukabumi sehingga bisa menuju (UGG)," ujar Benny Dwifa Yuswir.

Benny berharap, dengan kunjungan ke Ciletuh Palabuhanratu bisa menjadi kekuatan bagi Geopark Silokek dan mendapat pengalaman berharga yang bisa dibawa Provinsi Sumatera Barat.

Baca juga: Kunjungi Kabupaten Sijunjung, Wagub Audy Joinaldy Serahkan Bantuan, kepada Kelompok Tani Terpadu

Baca juga: Disdikbud Sijunjung Realisasikan Inovasi Pom Bensim, Sudah Ada 100 Peserta

Diketahui, Geopark Silokek menuju UNESCO Global Geopark (UGG) akan dilakukan pada bulan Juni 2022 dan akan langsung dicek oleh pihak UNESCO pada November 2022 mendatang.

Sementara, Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menyebut, kedatangan Bupati Sijunjung, bisa mempererat kerjasama dalam pengembangan geopark dan menjadi mitra Geopark Ciletuh Palabuhanratu dalam berbagai upaya pengembangan dunia wisata serta perekonomian.

Baca juga: TSR Pemprov Sumbar Kunjungi Masjid Syukur Langki, Iraddatillah Harapkan Perhatian Lebih ke Sijunjung

Baca juga: Siswa SMA Sederajat di Sijunjung Dapat Subsidi Rp 600 Ribu/Orang, Bupati: Tidak Ada Lagi Pungutan

"Tentu kami siap membantu Pemkab Sijunjung untuk mempersiapkan Geopark Silokek sebagai UGG dan mempertahan status Geopark Ciletuh Palabuhanratu sebagai UGG," tuturnya. (*)


 
 
 

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved