Varian Omicron di Sumbar

Hadapi Varian Omicron Polda Sumbar Kembali Perketat Pengawasan Prokes, Ingatkan Soal Vaksin 

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Satake Bayu Setianto mengatakan, hal ini menyusul penemuan kasus positif varian baru Covid-19 di Sumbar yaitu varian

Editor: afrizal
Istimewa
Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, Kamis (11/11/2021). 

Laporan Reporter TribunPadang.com, Fuadi Zikri

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) bakal memperketat pengawasan pemberlakuan dan penerapan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Satake Bayu Setianto mengatakan, hal ini menyusul penemuan kasus positif varian baru Covid-19 di Sumbar yaitu varian Omicron.

"Kita akan selalu berkoordinasi dengan semua stakeholder terkait kasus baru ini, bagaimana kita menahan laju penyebarannya," ujar Satake dihubungi Tribunpadang.com, Jumat (28/1/2022).

Baca juga: 4 Petugas RSUP M Djamil Positif Omicron, Gustavianof : Petugas Balik Dinas Luar Kota

Baca juga: Waspadai Varian Omicron, Dinas Kesehatan Padang Pariaman Siagakan 16 Ruangan Isolasi

Satake mengungkapkan, kerja sama semua pihak terutama masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik adalah kunci awal untuk menahan laju penyebarannya virus tersebut.

Selain itu, kontrol kesehatan oleh masing-masing individu untuk mengetahui kondisi tubuh dan juga partisipasi mengikuti vaksinasi juga diperlukan kekebalan tubuh lebih meningkat.

"Kami mengajak dan mengimbau agar masyarakat kembali menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, terutama saat keluar rumah. Dan yang paling penting adalah vaksin, agar herd immunity tinggi," tuturnya.

Varian baru virus corona di Sumbar terdeteksi pada Kamis (27/1/2022) kemarin oleh Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas (Unand) Padang.

Dari 31 sampel positif Covid-19 yang diuji, petugas labor menemukan 48 persennya atau tepatnya 15 sampel terindikasi adalah varian Omicron. 

Baca juga: 15 Kasus Omicron Ditemukan Serentak di Sumbar, Kepala Lab FK Unand: Pelaku Perjalanan dari Jakarta

Kepala Labor, Andani mengatakan, tidak perlu panik menyikapi temuan tersebut. Meski begitu,semua pihak tetap harus waspada dengan perkembangan varian baru itu.

Ia menyarankan, untuk langkah awal agar vaksinasi lebih dipercepat lagi terutama pada lansian yang masih banyak belum mendapatkan suntikan vaksinasi.

Rumah sakit sebagai antisipasi awal kembali dipersiapkan dan upaya tracing lebih ditingkatkan untuk mempermudah mengontrol laju penyebaran Covid-19 varian Omicron tersebut.

Kemudian penerapan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat lebih diperketat dan pengawasan perlu dilakukan. (*)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved