Jawaban Tema

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 10, 11, 14, 15, Pembelajaran 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan

Simak kunci jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan, Pembelajaran 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan, Halaman 10, 11, 14 dan 15.

Penulis: Mona Triana | Editor: Mona Triana
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2018
Pembelajaran 2 Subtema 1 Tema 2 Kelas 6 

TRIBUNPADANG.COM - Simak kunci jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan, Pembelajaran 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan, Halaman 10, 11, 14 dan 15.

Kunci jawaban Buku Tematik ini hanya ditujukan bagi orang tua sebagai panduan dalam mengawasi anak belajar di rumah.

Bagi para siswa diharapkan dapat mencari jawaban sendiri.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 3, 4, 6 dan 7, Pembelajaran 1 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 150 dan 152, Pembelajaran 6 Subtema 3, Selamatkan Makhluk Hidup

Baca juga: 2.250 Dibaca . . . .  Kunci Jawaban Tema 1 kelas 3 Halaman 7

Pelangi indah karena warna yang berbedabeda. Hidup berbangsa dan bertanah air indah jika kita hidup rukun walaupun berbeda-beda.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 10

Ayo Mengamati

Bacalah teks berikut!

Perbedaan yang Menguatkan

Kampung Cempaka adalah sebuah kampung transmigran. Warganya berasal dari berbagai daerah padat di Pulau Jawa. Hal itu menjadikan mereka berbeda suku maupun agama.

Di Kampung Cempaka, hiduplah lima orang sahabat. Ada Asnah yang berdarah Sunda, Utami dari Banyuwangi, Toni, seorang anak etnis Tionghoa yang sebelumnya tinggal di Semarang, Wande dari suku Tengger di Jawa Timur, dan Marta, anak seorang pendeta yang dahulu tinggal di Solo. Di Kampung Cempaka, rumah mereka bersebelahan dan mereka pergi ke sekolah yang sama. Itu sebabnya mereka sangat akrab. Mereka suka bermain bersama dan sering menghabiskan waktu di rumah satu sama lain.

Meskipun berbeda suku, kebersamaan begitu kental terlihat dalam keseharian mereka. Bersama anak-anak lain di Kampung Cempaka, mereka setiap akhir minggu berkumpul di balai utama kampung. Biasanya, selain berolahraga bersama, mereka juga kerap berkeliling ke rumah warga, membantu melakukan apa saja yang dibutuhkan warga.

Kadang-kadang mereka membantu warga lanjut usia, sekadar membereskan rumah atau menyiapkan makanan. Sesekali mereka juga membantu orang tua yang sedang bekerja bakti membersihkan lingkungan. Dari Toni, mereka belajar menari Barongsai.

Lalu mereka ajarkan tarian itu kepada anak-anak sekampung. Sementara itu, setiap tiba saat panen, Wande dan keluarganya akan sibuk memimpin warga membuat Tumpeng Gede, yaitu nasi khas dari daerah Tengger yang dibuat untuk mensyukuri berkah Tuhan dalam wujud panen raya.

Sikap toleransi yang ditunjukkan kelima sahabat itu memang sekadar berupa hal-hal kecil. Hal kecil dalam keseharian itulah yang mencerminkan kehidupan Bhinneka Tunggal Ika di Kampung Cempaka yang kaya akan perbedaan. Mereka hidup damai berdampingan dan tulus saling menjaga.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved