Breaking News:

Masa Jabatan Berakhir 12 Februari 2021, Irwan Prayitno: Tunggu Saja dari Kemendagri

Masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno-Nasrul Abit akan berakhir pada 12 Februari 2021 mendatang

TribunPadang.com/RizkaDesriYusfita
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat diwawancara awak media usai rakor dengan bupati wali kota bahas persiapan sekolah tatap muka, Senin (28/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno-Nasrul Abit akan berakhir pada 12 Februari 2021 mendatang.

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar belum menetapkan gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pilkada 2020.

Alasannya, karena ada dua gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi atau MK.

Gugatan tersebut disampaikan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri dan paslon nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukhni.

Proses di MK melebihi dari batas waktu akhir masa jabatan dan terjadi kekosongan, otomatis ini akan ada pengangkatan Pjs.

Baca juga: Sharing Penanganan Covid dan Pembinaan Sosial, Wako Mahyeldi dan Forkopimda Kunjungi Pemko Medan

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menegaskan kalau soal pejabat sementara (Pjs) gubernur bukan wewenangnya, tetapi itu wewenang Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dia menyarankan agar hal tersebut ditanyakan langsung ke Kemendagri.

"Itu urusan Kemendagri, bukan urusan saya, saya pokoknya bekerja sampai 12 Februari, selesai dan sudah, masa saya mau utak atik yang bukan urusan saya," kata Irwan Prayitno, Rabu (20/1/2021).

Dia juga menekankan, dalam waktu yang tersisa fokus menyelesaikan tugas sebagai gubernur hingga berakhir pada 12 Februari tersebut pukul 24.00 WIB.

Halaman
123
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved