Kabupaten Tanah Datar

Nagari Pariangan Tanah Datar Juara 1 di ADWI 2022, Pemuncak untuk Desa Wisata Berkembang

Nagari Pariangan, Tanah Datar, Sumatera Barat raih Juara 1 di Ajang Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Selasa (1/10/2022).

Istimewa
Bupati Tanah Datar, Eka Putra bersama Pengelola Desa Wisata Pariangan, Tanah Datar, Sumatera Barat tengah berfoto usai menerima penghargaan Juara 1 Desa Wisata Berkembang di ADWI 2022 di Gedung Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Minggu (30/10/2022). 

TRIBUNPADANG.COM, TANAH DATAR - Nagari Pariangan, Tanah Datar, Sumatera Barat raih Juara 1 di Ajang Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Selasa (1/10/2022).

Juara 1 tersebut, didapatkan Desa Pariangan untuk kategori Desa Wisata Berkembang.

Diketahui, penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuluono kepada pengelola Desa Wisata Pariangan di Gedung Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Minggu (30/10/2022) lalu.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Tanah Datar, Hendri Agung mengatakan, munculnya Pariangan sebagai pemenang di ADWI 2022 itu merupakan sebuah penghargaan yang sangat besar.

“Alhamdulillah kita tembus menjadi juara 1 untuk kategori Desa Wisata Berkembang, mengalahkan puluhan nominasi desa di Indonesia,” kata Hendri kepada TribunPadang.com, Selasa (1/11/2022).

Baca juga: Tiga Desa di Sumatera Barat Berhasil Juara di ADWI 2022, Ada Desa Wisata Pariangan di Tanah Datar

Hendri menyebut, penghargaan untuk Desa Pariangan, Tanah Datar bukanlah sekali itu saja. Sejak dulu, juga pernah mendapatkan penghargaan, bahkan rekor MURI.

“Hal ini juga, yang membuat kita di Tanah Datar untuk terus maju dan bersemangat dalam membangun nagari supaya lebih baik lagi,” tutur Hendri.

Hendri menyampaikan, dengan munculnya Desa Pariangan sebagai pemenang di ADWI 2022 itu, tantangan dalam selanjutnya akan lebih berat lagi.

Sebab, masyarakat Tanah Datar, khususnya Desa Pariangan, harus paham dan sadar bahwa negeri mereka adalah objek percontohan.

“Kami dari pariwisata itu bertugas untuk memperkuat pondasi awal untuk desa, semisal dengan pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis),” terang Hendri.

“Lalu, pemahaman tentang wisata dan potensi desa melalui program-program unggulan yang bisa dilakukan di Pariangan, Tanah Datar,” tambah Hendri.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ada Pemandian Air Panas di Nagari Pariangan Tanah Datar

Sebab, kata Hendri, untuk bisa mampu bersaing di ADWI 2022 itu, masyarakat sekitar harus sadar pula dan paham dengan potensi desanya sendiri.

“Dukungan dan peran serta masyarakat sangat menunjang kita bisa menang dan juara di ADWI 2022 itu,” ungkap Hendri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved