Breaking News:

Satpol PP Tertibkan PKL di Kawasan Tunggul Hitam dan Bundaran Air Mancur Pasar Raya Padang

Satpol PP Padang melakukan penertiban PKL yang berjualan di kawasan Tunggul Hitam hingga kawasan air Mancur Pasar Raya Padang.

Penulis: Panji Rahmat | Editor: Rizka Desri Yusfita
Panji Rahmat
PKL yang berjualan di Kawasan Tunggul Hitam Padang, Sabtu (8/1/2022). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rahmat Panji

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di kawasan Tunggul Hitam hingga kawasan Bundaran Air Mancur Pasar Raya, Jumat (7/1/2022). 

Petugas menata dan menertibkan lapak-lapak yang dianggap melanggar hingga mengarahkan pedagang untuk tidak berjualan di kawasan tersebut.

Hal itu dibenarkan oleh pedagang di kawasan Tunggul Hitam Amar (50).

"Kemarin memang ada penertiban pada pukul 10.00 WIB oleh petugas Satpol PP," ucap Amar saat ditemui, Sabtu (8/1/2022).

Baca juga: Tiga Orang Pengemis Berpakaian Badut Diamankan Petugas Satpol PP Kota Padang

Baca juga: Satpol PP Kota Padang Lakukan Penataan, Pemindahan dan Penyitaan Barang PKL di Kawasan Atom Center

Pada saat penertiban itu, Amar mengaku pihak Satpol PP Kota Padang memberikan arahan pada para pedagang terkait penggunaan fasilitas umum.

"Pihak Satpol PP sampaikan bahwa kami telah menggunakan fasilitas umum dalam berjualan," jelasnya.

Ia membeberkan dalam penertiban di kawasan Tunggul Hitam, pihak Satpol PP membawa beberapa peti buah, meja serta payung dari beberapa pedagang yang berjualan di sepanjang kawasan Tunggul Hitam.

Baca juga: Satpol PP Padang Tertibkan Lapak Pedagang di Atom Center Padang, Sempat Terjadi Cekcok

Sementara itu Kasat Pol PP Padang Mursalim menyampaikan upaya penataan PKL ini dilakukan Satpol PP Padang, merujuk pada ketentuan yang tertuang dalam Perda Nomor 11 tahun 2005, tentang ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

Dalam rangka menjaga ketertiban dan keindahan Kota Padang, Mursalim menjelaskan penertiban terhadap PKL yang tidak pada tempatnya dan melanggar Peraturan daerah (Perda) akan terus dilakukan secara bertahap di wilayah Kota Padang.

"Kami akan lakukan penertiban secara terus-menerus terhadap pelanggar seperti Pedagang Kaki Lima (PKL) yang memakai fasilitas umum dan fasilitas sosial, dalam rangka menjaga keindahan dan menjaga ketertiban, guna mengembalikan fasilitas tersebut ke fungsi seharusnya," sambung Mursalim.

Lebih lanjut, Mursalim berharap kepada seluruh masyarakat kota Padang, agar menaati aturan yang ada dan sama-sama menjaga Kota Padang tercinta.

"Kami imbau kepada masyarakat Kota Padang, jika ingin berjualan, janganlah menggunakan fasilitas umum (Fasum) sebab Fasum itu diperuntukan untuk masyarakat banyak, bukan untuk kepentingan pribadi atau perorangan."

"Kami juga berharap kepada masyarakat mari taati aturan yang ada, demi kota Padang yang lebih tertata," harap Mursalim.  (*)

 

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved