Breaking News:

Upacara Peringatan 93 Tahun Sumpah Pemuda di Lapangan Kantor Balai Kota Padang

"Berikan Aku 10 Pemuda Akan Ku Guncang Dunia" kata Soekarno itu dipakai oleh Wali Kota Padang Hendri Septa saat memberi sambutan di Upacara Peringatan

Penulis: Panji Rahmat | Editor: Mona Triana
Tribunpadang.com/Panji Rahmat
"Berikan Aku 10 Pemuda Akan Ku Guncang Dunia" kata Soekarno itu dipakai oleh Wali Kota Padang Hendri Septa saat memberi sambutan di Upacara Peringatan 93 Tahun Sumpah Pemuda di Lapangan Kantor Balai Kota Padang, Kamis (28/10/2021).  

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rahmat Panji 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - "Berikan Aku 10 Pemuda Akan Ku Guncang Dunia" kata Soekarno itu dipakai oleh Wali Kota Padang Hendri Septa saat memberi sambutan di Upacara Peringatan 93 Tahun Sumpah Pemuda di Lapangan Kantor Balai Kota Padang, Kamis (28/10/2021). 

Pada Hari Sumpah Pemuda tahun ini Hendri Septa membeberkan bahwa Kota Padang mengangkat tema Bersatu Bangkit dan Tumbuh.

Baca juga: Hari Sumpah Pemuda 2021: Wagub Sumbar Audy Ajak Pemuda Belajar dari Tokoh Nasional Asal Ranah Minang

Baca juga: Twibbon Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, Klik! Link dan Ketahui Cara Praktis Membuatnya

Melalui tema ini Wako Padang itu berharap agar para pemuda memiliki karakter, kapasitas, inovasi, kreatifitas, mandiri dan mampu bertahan serta  unggul dalam persaingan global. 

"Kami sangat mengharapakan pada pemuda kita saat ini untuk menghargai pengorbanan dan perjuangan dari para leluhur dan orang tua kita yang telah mengorbankan jiwa raga harta benda untuk bisa kita nikmati sekarang ini," ucapnya saat memberikan pidato pada upacara itu. 

Baca juga: 2 Mahasiswa Unand Kenakan Pakaian Adat Minang, Hadiri Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 di Jakarta

Hendri Septa juga berharap agar melalui pengorbanan dari para lelulhur bangsa itu, pemuda saat ini bisa mengisi kemerdekaan itu dengan prestasi-prestasi yang membanggakan serta jauhi semua hal-hal negatif.

"Pemuda adalah cikal bakal masyarakat di tahun mendatang, saya pesan pada para pemuda untuk tetap berada di jalur positif jauhi semua hal-hal yang merusak mental dan tingkah laku yang merugikan diri sendiri," terangnya. 

Baca juga: JAWABAN: Bagaimana Pengaruh Peristiwa Sumpah Pemuda Terhadap Kehidupan Masyarakat Saat ini?

Pada kesempatan hari sumpah pemuda ini, pemerintahan Kota Padang juga memberikan pengharagaan pada para pemuda pelopor yang sudah berprestasi di tingkat Kota. 

Penghargaan itu diberikan pada 4 pemuda dan pemudi yang sudah berinnovasi pada beberapa bidang baik itu sosial budaya, teknologi, pendidikan serta pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. 

Baca juga: Twibbon Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Simak Sejarah Lahirnya Ikrar Pemuda Pemudi Indonesia 

Pemuda pelopor yang berhasil menorehkan prestasi tersebut juga diberikan penghargaan sebesar Rp 5 juta bagi yang memperoleh peringkat 1. 

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Padang Mursalim Nafis menyebut, Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum bagi pemuda di saat pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: Apa Isi Ikrar Sumpah Pemuda?

Momentum sekaligus menjadi pelopor untuk menggerakkan generasi muda dan seluruh lapisan masyarakat agar melakukan vaksinasi.

"Melalui momentum peringatan HSP ke-93 tahun 2021 tingkat Kota Padang ini, kita mengajak pemuda Kota Padang untuk menjadi pelopor peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui vaksinasi Covid-19," kata Mursalim Nafis.

Baca juga: Semen Padang Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-92, Ajak Generasi Muda Berkontribusi Kepada Negara

Dikatakan Mursalim, pemuda sebagai calon pemimpin masa depan, sejak dini harus memiliki tanggung jawab dan semangat kebersamaan. Salah satu wujud tanggung jawab mereka di tengah pandemi ini yaitu ikut mempelopori pelaksanaan vaksinasi Covid 19 dan mengajak masyarakat yang belum divaksin untuk ikut vaksinasi.

"Tentunya kita harapkan seluruh pemuda memiliki semangat kebersamaan untuk itu," harapnya. (*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved