Peringatan Gempa Sumbar 2009

Universitas Andalas Angkat Tema Webinar: Kebencanaan, Mitigasi, Presentasi Riset, dan Inovasi Baru

Hingga saat ini Kebencanaan terus menjadi sorotan di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Editor: Emil Mahmud
Universitas Andalas Angkat Tema Webinar: Kebencanaan, Mitigasi, Presentasi Riset, dan Inovasi Baru
ISTIMEWA
Ketua Panitia Pelaksana Prof. Dr.Eng. Fauzan

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Hingga saat ini Kebencanaan terus menjadi sorotan di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Topik kebencanaan beserta mitigasinya di Indonesia sendiri, telah mencuat pasca gempa yang di Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) semenjak 30 September 2009 silam.

Rilis yang diterima TribunPadang.com, Rabu (29/9/2021) menyebutkan Universitas Andalas (Unand) menggelar International Conference on Disaster Mitigation and Management 2021 pada Kamis (30/9/2021) mulai pukul 08.00 hingga 16.30 WIB. 

Ketua Panitia Pelaksana Prof Dr Eng, Fauzan menyebutkan kegiatan International Conference on Disaster Mitigation and Management 2021, bertema “Best Practice in Preventing and Managing Disaster in Pandemic”.

Menurut rencana, kegiatan itu akan dibuka oleh Kepala BNPB Indonesia, Letjen Ganip Warsito serta didahului oleh laporan ketua panitia.

Lanjutnya, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), H Mahyeldi Ansharullah, SP, juga ikut menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta. Rencananya, sebanyak 140 makalah yang terseleksi dipresentasikan dalam konferensi ini.

"Para presenter berasal dari dari Indonesia, Jepang, India, Amerika Serikat, Inggris, Malaysia, Mesir, dan Palestina. Semua makalah yang diterima akan diterbitkan di prosiding internasional dan jurnal internasional terindeks scopus," ujar Fauzan dikutip dari rilis.

Baca juga: Unand Resmi Berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum, Ini Keunggulannya

Ketua Panitia Pelaksana Prof. Dr.Eng. Fauzan
Ketua Panitia Pelaksana Prof. Dr.Eng. Fauzan (ISTIMEWA)

Pusat Studi Bencana, LPPM Universitas Andalas bersama Jurusan Teknik Sipil Unand menyelenggarakan kegiatan International Conference on Disaster Mitigation dan Management (ICDMM) 2021.

Beberapa topik penting tentang kebencaaan akan disampaikan oleh para peneliti, di antaranya Mitigation dan Management bencana alam antara lain, Tsunami, Gempa, Longsor, Banjir, dan lainnya. Di samping itu, Non Alam, yang termasuk public Healtth, Covid-19 dan masa Pandemik.

Konferensi ini merupaka salah satu forum untuk mempresentasikan hasil penelitian dan inovasi baru di bidang Manajemen Bencana.

Konferensi ini akan mempertemukan para peneliti, insinyur, arsitek, ilmuwan, dan profesional terkemuka lainnya di berbagai disiplin ilmu sosial dan teknik di seluruh dunia yang terkait dengan bencana.

Konferensi ICDMM 2021 bertujuan untuk membangun hubungan ilmiah di tingkat internasional untuk berbagi dan menyebarluaskan informasi berharga dari kegiatan penelitian terbaru dalam manajemen bencana.

Melalui ICDMM 2021, diharapkan pemahaman terhadap manajemen kebencanaan menjadi semakin meningkat.

Konferensi yang digelar secara daring tersebut dihadiri oleh sekitar 140 pemakalah, 9 pembicara kunci dan 14 pembicara undangan dari dalam dan luar negeri untuk mempresentasikan hasil penelitian maupun hasil pelaksanaan yang berkaitan manajemen kebencanaan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved