Breaking News:

Opini

Wisata Instagramable, Meninggalkan Pengalaman Mengesankan atau Cuma Setor Konten Medsos ?

Media sosial (khususnya Instagram) menjadi sebuah wadah penyampaian informasi di ranah digital yang sedang digandrungi oleh masyarakat.

Editor: Mona Triana
istimewa
Mishbah El Yaser, Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Andalas 

Oleh : Mishbah El Yaser

Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Andalas

Media sosial (khususnya Instagram) menjadi sebuah wadah penyampaian informasi di ranah digital yang sedang digandrungi oleh masyarakat.

Berbagai unggahan pengguna berupa foto-foto dan video ditampilkan dalam bentuk unggahan feed Instagram atau Instagram stories, sehingga konten yang diunggah dapat dilihat oleh pengguna Instagram lainnya.

Semua konten di Instagram dapat kita nikmati, yaitu bisa berupa informasi berita, konten guyonan, dokumentasi, pencapaian si pengguna, bahkan konten dokumentasi pariwisata pun juga bisa diunggah melalui Instagram.

Baca juga: Opini: Alumni Kuat Perguruan Tinggi Hebat

Kita tentu tidak menolak pernyataan bahwa pariwisata di berbagai daerah semakin dikenal karena unggahan melalui Instagram. Seorang traveler yang menjelajahi suatu destinasi wisata tidak akan melewatkan momen perjalanan wisatanya tanpa mendokumentasikan perjalanannya (dalam bentuk foto maupun video) dan mengunggahnya melalui media sosial, khususnya Instagram.

Suatu destinasi wisata yang sebelumnya belum banyak atau tidak pernah terekspos akan semakin terekspos oleh masyarakat karena unggahan seseorang yang diunggah ke akun Instagram. Jika Bali, Danau Toba, Gunung Bromo, dan Candi Borobudur adalah destinasi wisata yang telah dulu terkenal sebelum adanya Instagram, maka karena Instagramlah kita bisa tahu bahwa ada daerah-daerah lain yang memiliki potensi wisata keindahan alam yang tidak kalah bagusnya dengan daerah-daerah wisata seperti Bali, Kawasan Gunung Bromo, Danau Toba, Candi Borobudur, dan lainnya.

Kita tidak ragu akan potensi wisata yang dimiliki bangsa Indonesia. Dari Sabang hingga Merauke, keindahan alam seperti air terjun, pantai, danau, lanskap pegunungan, dan potensi wisata non-alam pun ada di Indonesia. Jika kita kecilkan sekop cakupan wisatanya, maka mari kita lihat potensi wisata di Sumatera Barat. Provinsi yang beribukota Padang ini memiliki banyak potensi wisata, baik wisata alam maupun non alam.

Baca juga: Peran Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Dalam Komunikasi Pembangunan

Pada bagian wisata alam, Sumatera Barat hampir memiliki semuanya, pantai, danau, air terjun, dataran tinggi, hingga lanskap geopark ada di Sumatera Barat. Di bagian wisata non alam pun, Sumatera Barat tentu sudah memilikinya, siapa yang tidak kenal dengan Museum Adityawarman di Padang, atau Kawasan Lobang Jepang, Rumah Kediaman Bapak Mohammad Hatta, dan Benteng Fork de Kock di Bukittinggi, Istano Rajo Pagaruyuang di Kabupaten Tanah Datar, Kawasan Museum Tambang Ombilin di Sawahlunto, atau bahkan wisata penangkaran penyu di Pariaman.

Seorang pelancong wisata yang kini melek akan penggunaan Instagram bisa dipastikan tidak akan mau melewatkan momentum mengunjungi destinasi wisata tanpa mendokumentasikan keunikan destinasi wisata dan mengunggahnya ke akun Instagramnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved