Breaking News:

Penanganan Covid

Wiku Adisasmito: Penanganan Covid-19 di 13 Provinsi Prioritas Membaik, Termasuk Sumatera Barat

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut saat ini jumlahnya bertambah dari sebelumnya 10 provinsi kini menjadi 13 provinsi

Editor: Emil Mahmud
Istimewa
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Kamis (1/10/2020). 

TRIBUNPADANG.COM - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut saat ini jumlahnya bertambah dari sebelumnya 10 provinsi kini menjadi 13 provinsi.

Menurutnya, perkembangan penanganan pandemi Covid-19 pada provinsi-provinsi prioritas menunjukkan hasil yang baik.

Di antaranya;  Sumatera Barat , Riau, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, Bali, Aceh dan Kalimantan Timur.

"Provinsi prioritas dilihat dari berbagai aspek seperti jumlah kasus aktif, angka kesembuhan, kematian, serta kondisi di daerah masing-masing," jelasnya saat memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19, Kamis (5/11/2020) melalui kanal YouTube BNPB.

Ada beberapa provinsi yang mendapat catatan karena terjadi peningkatan jumlah kasus dalam perbandingan 19 - 25 Oktober 2020 vs 26 Oktober - 1 November 2020.

Dilihat dari kasus positif ada 3 provinsi yang mengalami kenaikan. Yaitu Papua naik 8,2 persen, Sumatera Barat naik 7,8 persen dan Sumatera Utara naik 2,9 persen.

Pada perbandingan kasus kematian kondisinya cukup memprihatinkan karena ada 6 provinsi mengalami kenaikan angka kematian.

Kenaikan sangat tajam berada di Papua dengan kenaikan mencapai 350 persen.

"Ini adalah angka yang cukup mengkhawatirkan," ucap Wiku. Diikuti Sulawesi Selatan naik 120 persen, Kalimantan Timur naik 27,3 persen, Sumatera Utara naik 17,6 persen, Aceh naik 5,6 persen dan Sumatera Barat naik 2,7 persen.

"Data ini menunjukkan secara umum, 13 provinsi prioritas sudah mampu mengendalikan penambahan kasus positif mingguan. Namun hal yang masih menjadi tantangan besar adalah mengendalikan penambahan kasus kematian mingguan. Upayakan penanganan sejak dini pasien Covid-19, supaya potensi kesembuhan menjadi lebih tinggi," ungkapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved