Breaking News:

Penanganan Covid

PAEI: Masyarakat Tidak Perlu Khawatirkan Vaksin, Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19.

Masyarakat kiranya tidak perlu khawatir terhadap keamanan dari vaksin, yang proses vaksinasi juga merupakan bagian dari pencegahan penyebaran virus Co

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi; Warga menjalani swab test di Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium (GSI Lab), Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (3/11/2020). Yakni Swab test mandiri dengan metode real-time polymerase chain reaction (RT PCR) 

TRIBUNPADANG.COM - Masyarakat kiranya tidak perlu khawatir terhadap keamanan dari vaksin, yang proses vaksinasi juga merupakan bagian dari pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Hariadi Wibisono dalam keterangan pers atau pers rilisnya, Kamis (5/10/2020).

“Pada saatnya, vaksin nanti sudah selesai kajiannya dan sudah bisa, kan nanti akan melalui Badan POM (Pengawasan Obat dan Makanan) lagi untuk mendapatkan izin edar dan itu akan direview kembali prosedur-prosedur yang sudah lewat direview,” ujar Hariadi Wibisono.

Hariadi menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir secara berlebihan mengenai tingkat keamanan dari vaksin, sebab menurut Hariadi pemerintah sudah berpengalaman dalam hal berurusan dengan vaksin.

Baca juga: Rencana Vaksinasi Covid 19 Mundur Hingga Minggu Ketiga Desember, Ini Penjelasan Pemerintah

“Jadi menurut saya, kekhawatiran itu tidak perlu berlebihan, karena kita berurusan dengan vaksin itu kan selain vaksin ini kan sudah banyak vaksin yang kurang lebih prosedurnya sama, itu kan ada vaksin Hepatitis B, vaksin anak-anak, prosedurnya semua sama,” ungkapnya.

Lanjut Hariadi, ebelum dilepas ke masyarakat, vaksin astinya sudah teruji tingkat keamanannya. Selain itu, setelah digunakan oleh masyarakat tetap akan dipantau, apakah muncul gejala-gejala yang tidak diinginkan, yang mestinya tidak terjadi.

“Jadi setelah vaksin itu telah melewati Badan POM, melalui suatu kajian aman dipakai untuk masyarakat dan terus dipantau perkembanganya,” terangnya.

Hariadi menyayangkan jika ada masyarakat yang menolak untuk dilakukan vaksinasi, karena mendapatkan informasi yang salah atau termakan berita-berita hoax mengenai vaksin.

Baca juga: Kabupaten/Kota Se-Indonesia dengan Skor Dekati Zona Merah, Ini Kata Satgas Penanganan Covid-19

Baca juga: Prakiraan Gelombang di Perairan Sumbar 1 November 2020: Berpotensi 3 Meter di Kepulauan Mentawai

“Vaksin itu adalah bagian dari upaya pencegahan, hasilnya memang masyarakat memiliki hak untuk tidak menggunakan, itu sangat disayangkan kalau tidak menggunakannaya karena informasi yang salah, jadi diharapkan masyarakat paham manfaat dari vaksin itu apa,,” ungkapnya

Maka itu, Hariadi menyarankan pemerintah untuk mensosialisasikan pentingnya vaksin bagi pencegahan dan penyebaran virus Covid-19 ke masyarakat secara menyeluruh dan utuh.

Halaman
12
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved