Breaking News:

Corona Sumbar

Instruksi Gubernur Sumbar: Karyawan Rumah Makan, Restoran dan Cafe di Padang Wajib Tes Swab

"Seluruh pengelola dan karyawan rumah makan, restoran, cafe dan lainnya, wajib mengikuti tes swab," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Saridal Maijar
Tribunpadang.com/Rizka Desri Yusfita
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat ditemui di kantor gubernur, Senin (18/5/2020) lalu. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Sebelumnya Irwan Prayitno, telah memerintahkan Satpol PP Sumbar untuk melakukan penindakan hukum bagi masyarakat Sumbar yang melanggar Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

"Kita telah melakukan kerja sama dengan Kapolda Sumbar, untuk melakukan penindakan hukum Perda AKB mulai dari sanksi administrasi sampai dengan sanksi pidana kurungan," kata Irwan Prayitno.

Selain itu, Gubernur Sumbar juga memberikan sanksi tambahan pada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melanggar Perda AKB.

Baca juga: Update Corona Sumbar Hari Ini 20 Oktober 2020, Kasus Mulai Turun, 170 Positif, Sembuh 110 Orang

Mulai dari penundaan kenaikan pangkat atau golongan sampai penggurangan tunjangan.

Hari ini, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengeluarkan surat instruksi yang ditujukan kepada pelaku kuliner.

Instruksi bernomor 360/223/Covid-19-SBR/X-2020 tentang Pengawasan dan Penegakkan Protokol Kesehatan tersebut difokuskan pada rumah makan/restoran/cafe dan sejenisnya di Kota Padang.

Dalam instruksi yang ditujukan kepada Wali Kota Padang, Gubernur Sumbar mengatakan, telah terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumbar.

Baca juga: Penindakan Pelanggar Perda AKB Ditingkatkan, Gubernur Sumbar: Polres Sudah Sediakan Sel Khusus

Kata dia, dapat disinyalir penularan terjadi akibat ketidakdisiplinan menjalankan protokol kesehatan khususnya pada rumah makan, restoran, cafe dan sejenisnya itu, khusus untuk daerah teritorial Kota Padang.

Gubernur Sumbar menginstruksikan kepada Wali Kota Padang agar memperketat pengawasan dan penegakan Perda No 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam pencegahan dan pengendalian Covid-29 di seluruh rumah makan, restoran, cafe dan sejenis lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved