Breaking News:

Pilkada Sumbar 2020

Tahapan Pilkada Sumbar 2020 Saat Pandemi Corona, Jadwal Sesuai  PKPU Nomor 5 Tahun 2020

Ketua KPU Sumbar Amnasmen menegaskan tahapan Pilkada sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020 menjadikan jaminan kepastian bahwasanya Pilkada di Sumbar

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
grafis-pilkada-serentak-2020 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Ketua KPU Sumbar Amnasmen menegaskan tahapan Pilkada sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020 menjadikan jaminan kepastian bahwasanya Pilkada di Sumbar memang pasti akan dilaksanakan 9 Desember 2020.

Menurut Amnasmen, hal itu menjadi tahapan pelaksanaan yang paling kontroversial karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

PKPU Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada Resmi Keluar, KPU Tahapan Mulai 15 Juni 2020

Masa Pandemi Covid-19, KPU Padang Panjang Wajibkan Penyelenggara Pilkada Jalani Rapid Tes

"Namun tentu saja dengan alasan semuanya dapat diterima dan dimaklumi," tutur Amnasmen saat diskusi tentang Penyelenggaraan Pilkada di Sumbar dalam Terpaan Pandemi Covid-19, Sabtu (20/6/2020) malam.

Lebih lanjut Amnasmen menyampaikan, KPU melalui PKPU Nomor 5 Tahun 2020 menetapkan, jadwal awal tahapan Pilkada Senin 15 Juni 2020 kemarin.

Empat tahapan yang sempat dihentikan, ditetapkan melalui surat keputusan bahwasanya tahapan Pilkada dilanjutkan kembali.

Tahapan pertama adalah mengaktifkan kembali anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

Kemudian, KPU juga sesegera mungkin berkoordinasi dengan Pemda masing-masing, tidak hanya menginformasikan tahapan, tapi juga menyampaikan kesiapan KPU.

KPU Mentawai Rencana Tambah 10 TPS di Pilkada 2020, Tahapan Pertama Verifikasi Faktual

Hal tersebut dianggap penting karena tentu langkah utama dalam kondisi pandemi Covid-19 menyampaikan kepada semua pihak, bahwa tahapan Pilkada sudah dimulai.

"Kami siap meskipun cukup banyak aturan yang baik secara administrasi maupun teknis belum sampai," ujar Amnasmen.

Halaman
123
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: afrizal
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved