Breaking News:

Berita Sumbar Hari Ini

BPCB Paparkan Arca Makara yang Ditemukan di Sungai Sibinail Rao Selatan Pasaman

Warga di Desa Padang Nunang Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar), sempat heboh menyusul penemuan sebuah arca pada,

istimewa
Warga di desa Padang Nunang Rao, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, dihebohkan dengan penemuan sebuah patung candi. 

BPCB: Makara yang Ditemukan di Sungai Sibinail Rao Selatan Pasaman Berbentuk Gaja-Mina

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Warga di Desa Padang Nunang Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar), sempat heboh menyusul penemuan sebuah arca pada, Jumat (27/9/2019) sekitar pukul 16.00 WIB lalu.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat, Nurmatias mengatakan arca tersebut ditemukan oleh pemuda setempat bernama Ipal dan Aad di Sungai Sibinail.

Menurutnya, temuan itu bermula saat Ipal dan Aad pergi ke Sungai Sibinail untuk menangkap ikan (menjamah) di sela-sela batu besar.

"Ketika itu, mereka tertarik dengan bentuk batu yang tidak biasa, ketika di dekati benar saja permukaan batu seperti memiliki ukiran.

Akhirnya mereka berinisiatif untuk mengangkat arca, yang dari posisi berguling menjadi posisi berdiri," ungkap Nurmatias kepada wartawan, Senin (30/9/2019).

Nurmatias menjelaskan, Sabtu pagi, akhirnya warga memutuskan untuk membawa arca tersebut ke perkampungan.

Menurut Nurmatias, temuan peninggalan dari masa Hindu-Buddha di Kabupaten Pasaman sangat wajar.

Hal tersebut didasarkan pada temuan-temuan baik berupa candi (Candi Tanjung Medan, Candi Koto Rao, Candi Pancahan, Candi Patani, Candi Tanjung Bariang), temuan arca, prasasti (Prasasti Ganggo Hilia, Prasasti Lubuk Layang (Kubu Sutan), dan temuan lainnya yang berasal dari masa Hindu-Buddha dari abad ke 13 hingga 14 Masehi.

Halaman
1234
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved