Berita Pariaman Hari Ini

Desa Maritim di Kota Pariaman Diresmikan di Pantai Gandoriah, 7 Desa Ditunjuk Jadi Percontohan

Desa Maritim adalah salah misi dari Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla yang bertujuan untuk mewujudkan Indonesia menjadi

Desa Maritim di Kota Pariaman Diresmikan di Pantai Gandoriah, 7 Desa Ditunjuk Jadi Percontohan
pariamankota.go.id
Sejumlah pejabat Kemenkomaritim, Wako dan Wawako Pariaman serta Forkopimda Kota Pariaman meresmikan secara simbolis Desa Maritim Kota Pariaman, Minggu (8/9/2019). 

TRIBUNPADANG.COM, PARIAMAN - Desa Maritim di Kota Pariaman, Sumatera Barat ( Sumbar) diresmikan pada Minggu (8/9/2019), yang bertempat di Pantai Gandoriah.

Rilis Diskominfo Kota Pariaman, yang diterima TribunPadang.com, menyebutkan Kementerian Koordinator Maritim, Minggu siang mengadakan peresmian Desa Maritim Kota Pariaman di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Sumbar.

Kegiatan itu merupakan rangkaian program Kementerian Kemaritiman RI serta kerja sama dengan instansi terkait, pemda setempat serta Kompas Gramedia.

Nelayan di Pariaman Segera Terapkan Aplikasi Fish On, Program Kemenkomaritim RI

Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kepala Staff Angkatan Laut (KASAL), Mayjen TNI Marinir Bambang Suswono, yang juga didampingi oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar, Wakil Wali kota Mardison Mahyuddin, dan rombongan lainnya menabuh dendang sebagai simbolis peresmian tujuh desa maritim di Kota Pariaman.

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan, bahwa konsep Desa Maritim ini adalah hasil diskusi dari Pemerintah Daerah, Kemenko Maritim dan juga Kemendes, yang isinya bagaimana caranya mereka melakukan intervensi yang integriti atau irtervensi yang terpadu kepada desa-desa maritim yang ada di Indonesia ini.

“Dalam kesempatan ini saya langsung mengacungkan diri bahwa saya mau Kota Pariaman dilaunching untuk yang pertama kalinya, jadi di mana nanti kurang tambahnya kita akan tambah belakangan yang penting kita jalani dulu, sesuai dengan ide yang diberikan oleh Staff Ahli Menko Bidang SDM, Laksda Purn Agus Purwoto kepada saya," ujar wali kota seperti dikutip rilis dari Plt Diskominfo Kota Pariaman, Hendri, Minggu malam.

Spice Route Connexion Indonesia 2019 di Padang & Pariaman, Perkenalkan Rempah-rempah Asal Indonesia

Ditambahkan, Desa Maritim adalah sebuah konsep dari desa-desa kepulauan.

"Akan tetapi dikarenakan tidak ada inisiatifnya dari desa-desa tersebut maka Kota Pariaman yang mengambil inisiatif duluan memulainya," tuturnya.

Sejauh ini lanjutnya di Desa Maritim ini diidentikan dengan ekonomi masyarakat yang tidak mampu, pendidikan yang kurang tinggi infrastruktur yang belum baik dan segala macamnya.

Karenanya, imbuh wali kota, diperlukan intervensi pemerintah yang lebih, keterpaduan yang lebih, dan nanti dibawah kepemimpinan Kemenko Maritim bisa mengundang Kemendes, Kementerian Koperindag  secara terpadu untuk bisa menjalankan programnya di desa maritim.

Dimulai, Spice Route Connexion Indonesia 2019 di Kota Padang dan Pariaman

Halaman
12
Penulis: Emil Mahmud
Editor: Saridal Maijar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved