Breaking News:

Gudang Logistik Pemilu Terbakar

Sejumlah Caleg Dapil Sumbar I Desak Gakkumdu Usut Tuntas Kebakaran di Pesisir Selatan

Sejumlah calon legislatif (Caleg) DPR RI Daerah Pilihan (Dapil) 1 Sumatera Barat (Sumbar) mendesak sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu)

TribunPadang.com /Rizka Desri Yusfita
Sejumlah Caleg Dapil Sumbar I Desak Gakkumdu Usut Tuntas Kebakaran Gudang Logistik di Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di kantor Bawaslu Sumbar, bertempat di Kota Padang pada Senin (22/4/2019) 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Sejumlah calon legislatif (Caleg) DPR RI Daerah Pilihan (Dapil) 1 Sumatera Barat (Sumbar) mendesak sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) mengusut tuntas penyebab terbakarnya gudang logistik Pemilu atau gudang penyimpanan kotak dan surat suara di Kantor Camat Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.

Para caleg tersebut di antaranya Endre Saifoel (Haji Wen) Partai Nasdem, Fauzi Bahar Partai Nasdem, Muhammad Tauhid Partai Perindo, Andi Taswin Partai Berkarya, dan Epelindo Perwakilan Darizal Basir dari Partai Demokrat bertemu di kantor Bawaslu Sumbar, Kota Padang, Senin (22/4/2019).

Kuasa hukum caleg Ibrani Datuak Rajo Tianso melihat kebakaran di gudang logistik sebagai suatu kejahatan.

"Kejahatan dalam pemilu yang menggangu proses demokrasi yang sama sama kita kawal dan jaga supaya berjalan secara adil," ungkap Ibrani Datuak Rajo Tianso.

Selain dikategorikan serta diduga tindak kejahatan jelas Ibrani Datuak Rajo Tianso, maka bisa berdampak terhadap proses penghitungan suara.

"Kemungkinan ada dugaan sabotase. Dan ini bukan hanya merugikan para caleg, tetapi juga merugikan proses demokrasi," tamba Ibrani Datuak Rajo Tianso.

Ibrani Datuak Rajo Tianso menilai indikasi kecurangan sudah terlihat dari awal Pemilu. Seperti ada penekanan terhadap camat dan perangkat daerah oleh penguasa di Pessel.

"Ini sudah kasat mata. Sangat disayangkan kebakaran ini terjadi karena prosesnya baru saja memasuki tingkat kecamatan," ucap Ibrani Datuak Rajo Tianso.

Caleg DPR RI Muhammad Tauhid yang hadir pada kesempatan itu meminta pihak berwenang benar benar mengusut tuntas permasalahan terbakarnya beberapa kotak suara di Kantor Camat Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.

Halaman
12
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved