Jaga Independensi Jurnalis dan Keamanan Digital Masyarakat Sipil Selama Pemilu

HUT ke-18 AJI Padang digelar 23 Januari 2023, mengusung tema Merawat Integritas, Menjaga Independensi, selain itu juga menggelar diskusi publik.

Dok. AJI Padang
Ketua AJI Padang Aidil Ichlas 

TRIBUNPADANG.COM - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang memperingati hari lahir ke-18 tahun pada 23 Januari 2023.

Memasuki usia dewasa itu, Merawat Integritas, Menjaga Independensi dijadikan sebagai semangat gerakan yang akan terus diperjuangkan AJI Padang.

Perayaan HUT AJI itu juga dimeriahkan dengan diskusi publik tentang Keamanan Digital Masyarakat Sipil dan Pers Selama Tahun Pemilihan.

Ketua AJI Padang, Aidil Ichlas mengapresiasi para tamu yang tetap ramai hadir, walau cuaca buruk melanda Kota Padang, sejak siang.

Sejumlah pendiri dan deklarator AJI Padang, perwakilan organisasi jurnalis, kelompok masyarakat sipil, aktivis dan akademisi turut hadir pada kesempatan itu.

Baca juga: AJI Padang Gandeng Google News Initiative Gelar Pelatihan Cek Fakta Jurnalis Radio

Aidil menyebutkan, tema Merawat Integritas Menjaga Independensi yang diusung AJI Padang, merupakan semangat untuk memperjuangkan independensi jurnalis, terlebih di tahun politik ini.

Sebab menurutnya, tidak sedikit jurnalis yang berganti haluan ke profesi lain, maupun rangkap kerja terlibat di bidang politik atau lainnya.

"Di AJI Padang ada enam anggota yang mundur karena beralih profesi. Sikap anggota AJI Padang yang memilih mundur ini merupakan sebuah kehormatan, karena ini bentuk dari upaya mereka menjaga integritas dalam menjaga nama baik AJI Padang," ujar Aidil.

Hal ini, sambung Aidil, tidak lepas dari perkembangan dinamika media saat ini, terutama dalam kesejahteraan jurnalis, baik itu di daerah ataupun di tingkat nasional.

Aidil berharap integritas dan independensi tidak hanya berlaku saat seseorang berprofesi sebagai jurnalis, tetapi juga di profesi-profesi lain.

Baca juga: Ketua AJI Padang Sebut Peserta Antusias, Ikuti Pelatihan Kesetaraan Gender, dan Keamanan Jurnalis

Rumah AJI Padang

Perayaan HUT ke-18 ini juga sebagai momentum bagi AJI Padang dalam mempercepat pembangunan kantor yang telah dimulai dalam satu tahun terakhir.

Pembangunan ini ditargetkan rampung 2023 ini.

"Kantor AJI Padang ini merupakan sebuah bangunan yang kami cita-citakan sebagai rumah jurnalis dan komponen masyarakat sipil dalam memperjuangkan serta mengawal demokrasi dan kepentingan publik," ujarnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved