Breaking News:

Banjir di Padang

Langganan Setiap Tahun, Hendri Septa Janji Tuntaskan Persoalan Banjir di Nanggalo Padang

Wali Kota Padang, Hendri Septa berjanji akan menuntaskan persoalan banjir di Kelurahan Tabiang Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat

Penulis: Rahmadi | Editor: Muhammad Fuadi Zikri
TribunPadang.com/Rahmadi
Wali Kota Padang, Hendri Septa. Pemko Padang berjanji akan menuntaskan persoalan banjir di Nanggalo Padang. Diketahui, dini hari tadi, Minggu (2/10/2022) daerah ini dilanda banjir. Puluhan rumah terendam dan puluhan orang dievakuasi. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Wali Kota Padang, Hendri Septa berjanji akan menuntaskan persoalan banjir di Kelurahan Tabiang Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Diketahui, dini hari tadi, Minggu (2/10/2022) daerah ini dilanda banjir setelah hujan lebat mengguyur wilayah Kota Padang dan sekitarnya sejak Sabtu (1/10/2022) sore.

Puluhan rumah terendam air. Terparah di Perumahan Kubu Griya Utama dengan ketinggian air mencapai dua meter lebih.

Baca juga: Dibangun di Lahan Bekas Sungai, Perumahan Nanggalo Padang Bisa Banjir 5 Kali Setahun

Puluhan warga dievakuasi sementara oleh instansi terkait akibat luapan Batang (sungai) Kuranji itu. Saat ini air sudah surut dan warga kembali ke rumah masing-masing.

"Lokasi warga kita tinggal ini berada di wilayah di bawah ketinggian sungai, ini banjir memang sudah kejadian terus menerus," ujar Hendri Septa saat diwawancarai di Padang, Minggu (2/10/2022) sore.

Orang nomor satu di Kota Padang itu mengatakan, sungai merupakan wewenang dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang.

Pihaknya akan bekerja sama dengan BWS Sumatera V Padang untuk memikirkan langkah konkrit terkait persoalan banjir ini.

Dalam waktu dekat, ia bakal bersurat ke instansi di bawah Kementerian itu.

"Harus bersama-sama menyelesaikannya, lokasi ini punya nya BWS V, punya Pemerintah Pusat," ungkap dia.

"Supaya ini segera membantu kita di Kota Padang, jangan sampai persoalannya itu ke itu saja, jadi harus tahu semua sungai ini siapa yang bertanggungjawab," sambung Hendri.

Baca juga: Banjir Setinggi 2 Meter di Nanggalo Padang, BPBD: Sudah Sering Terjadi

Meski tak berwenang soal sungai, Hendri mengatakan Pemko tidak ingin melempar tanggungjawab, sebab yang menjadi korban adalah warganya.

"Jadi kami harus koordinasi, bagaimana dengan sungai ini, apa yang perlu kita lakukan, apakah perlu kita buat tanggul atau apa nantinya, " ujarnya.

Sementara, terkait tanggul PDAM yang tinggi di kawasan sungai itu, Hendri juga bakal mengkajinya.

"Saya sudah perintahkan Dinas PU, saya minta juga mengkaji, saya juga meminta bertemu dengan BWS V, ini memang harus diselesaikan, sudah dari tahun lalu itu ke itu saja masalahnya," tutur Hendri.

Baca juga: Banjir di Nanggalo Padang Mulai Surut, Warga yang Sempat Dievakuasi Kembali ke Rumah

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved