Citizen Journalism

Suka Duka Kreator Komik Digital, Hadapi Persaingan Ketat Dunia Komik di Indonesia

KOMIK merupakan salah satu karya sastra yang kaya akan seni dan ilustrasi. Dunia perkomikkan di Indonesia sudah berkembang jauh sebelum munculnya komi

Editor: Emil Mahmud
Istimewa Buku Tema 1 Kelas 5 SD
Ilustrasi: Bacaan dalam bentuk komik. 

Citizen Journalism Oleh: Haniifatul ‘Adzra 

KOMIK merupakan salah satu karya sastra yang kaya akan seni dan ilustrasi. Dunia perkomikkan di Indonesia sudah berkembang jauh sebelum munculnya komik digital pada saat sekarang ini.

Komik digital adalah komik sederhana yang dipublikasikan dalam media elektronik. Komik digital merupakan dunia baru bagi perkomikkan di Indonesia.

Seiring dengan meningkatnya pengguna sosial media dan teknologi lainnya, komik digital membawa angin segar bagi para pembuat dan penggiatnya.

Namun, apakah kenyataannya sesuai dengan apa yang di rasakan di lapangan? 

Ternyata, dunia perkomikkan digital di Indonesia masih dalam tahap perkembangan.

Walaupun akun-akun komik lokal sudah menjamur, akan tetapi masih banyak suka dan duka yang harus dilewati para penggiat komik digital. Salah satunya adalah Megono Komik dan Komik.Hihim.

Pemilik akun sekaligus kreator Megono Komik memaparkan bahwa awalnya saat memulai komik, ia hanya sekadar iseng dan menyalurkan hobi.

Pemilik akun yang tidak ingin disebut namanya ini, memaparkan dalam wawancara melalu direct message Instagram bahwa ia lahir dan berdomisili di Pekalongan.

Beliau lahir pada tanggal 6 Agustus. Ia juga mengatakan bahwa sudah membuat komik cukup lama, namun aktif membuat komik digital ini dipertengahan tahun 2021.

“Kalo membuat komik terutama manual udah lama Kak, Tapi baru aktif bikin digital di IG pertengahan 2021 dan masih pake akun IG pribadi, baru di awal 2022 bikin IG khusus komik, Kak,” ujar pemilik akun Megono Komik.

Pada kesempatan wawancara melalui media Instagram itulah diketahui pemilik akun sekaligus creator Megono Komik ini menjalankan akun sekaligus bekerja.

Tak hanya itu, beliau turut memaparkan suka dan duka yang dirasakan selama mengembangkan akun komik tersebut.

Suka dalam membuat komik ini menurutnya adalah, ia dapat menyalurkan hobinya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved