Hari Lupus Sedunia 10 Mei 2022, Kenali Penyakit Lupus Serta Gejalanya

Hari ini Selasa, 10 Mei 2022 diperingati sebagai hari Lupus Sedunia, ketahui apa itu penyakit lupus serta gejala yang ditimbulkannya.

Penulis: Nika Afrilia | Editor: Emil Mahmud
PEXELS.COM/Negative Space
ILUSTRASI ramalan zodiak kesehatan 

TRIBUNPADANG.COM - Peringatan hari Lupus Sedunia jatuh pada hari ini Selasa, 10 Mei 2022.

Hari Lupus Sedunia jatuh pada tanggal 10 Mei 2022.

Lupus atau penyakit autoimun merupakan kondisi ketika sistem imunitas seseorang berkurang sehingga ia akan sulit membedakan substansi asing dengan sel dan jaringan tubuh sendiri.

Kondisi ini dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh meyerang sel, jaringan, dan organ tubuh yang sehat.

Mengutip dari Tribunnews.com, hari Lupus Sedunia pertama kali diciptakan oleh Lupus Canada pada 2004 untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit Lupus yang memiliki dampak buruk pada penderita dan keluarga mereka.

Selain itu, peringatan Hari Lupus Sedunia yang pertama digunakan untuk meningkatkan pendanaan penelitian, memberikan layanan yang lebih baik kepada pasien, meningkatkan data epidemiologi, dan meningkatkan kesadaran akan penyakit Lupus.

Hari Lupus Sedunia disponsori oleh World Lupus Federation, sebuah koalisi organisasi pasien lupus di seluruh dunia, bersatu untuk meningkatkan kualitas hidup orang yang terkena lupus.

Sejak itu, organisasi lupus dan eksplorasi ilmiah di seluruh dunia telah berkomitmen untuk berbagai kegiatan pada tanggal 10 Mei setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran dan mendidik masyarakat dan masyarakat tentang gejala dan efek kesehatan dari lupus.

Baca juga: Kasus Hapatitis Misterius di Sumbar, Pemko Bukittinggi Ingatkan Agar Waspada

Mengenal penyakit Lupus

Lupus merupakan suatu penyakit yang membuat sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat.

Gejala penyakit lupus yang biasa dijumpai seperti kelelahan, demam, nyeri sendi, ruam pada wajah, sesak napas, nyeri dada, sakit kepala, mata kering dan lesi kulit yang memburuk akibat sinar matahari.

Penyebab lupus belum diketahui secara pasti. Kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan sering dikaitkan dengan terjadinya lupus.

Beberapa pemicu munculnya gejala lupus adalah paparan sinar matahari, penyakit infeksi, atau obat-obatan tertentu.

Lupus tidak dapat disembuhkan?

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved