Breaking News:

Tinjau Bandara Mentawai Baru, Menhub Budi Karya Sumadi Targetkan, Pembangunan Rampung Agustus 2022

Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI), Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan Bandara Mentawai Baru di Kabupaten Kep

Penulis: Rizka Desri Yusfita | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA
Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI), Budi Karya Sumadi mendapat kalungan bunga saat melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat (Sumbar) ketika baru tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sabtu (20/11/2021). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG -- Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI), Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan Bandara Mentawai Baru di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) selesai atau rampung pada Agustus 2022 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menhub saat meninjau progres pembangunan Bandara Mentawai Baru, Sabtu (20/11/2021).

Ia mengatakan, Bandara Mentawai Baru akan menggantikan bandara eksisting yaitu Bandara Rokot Sipora, yang saat ini hanya memiliki panjang landas pacu atau runway 850 meter.

Sehingga, hanya dapat didarati pesawat jenis propeler Grand Caravan. Landasan pacu baru dibangun agar dapat didarati pesawat lebih besar.

Kemenhub telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 547 miliar guna membangun Bandara Mentawai Baru, yang saat ini progres pembangunannya sudah mencapai sekitar 42 persen.

“Dengan kekompakan antara Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan unsur terkait lainnya, Insya Allah dapat mendukung penyelesaian bandara yang kita rencanakan selesai pada Agustus 2022 dan kami akan mengundang Bapak Presiden untuk meresmikannya,” kata Menhub.

Menhub mengaku gembira bisa berkunjung ke Mentawai yang terkenal itu. Baginya Mentawai adalah satu pulau yang merupakan daerah terluar, yang memang membanggakan untuk turis.

"Banyak sekali kegiatan turis yang ada di sini. Dan kami sebagai Kemenhub, ditugaskan Presiden untuk menunggu terjadinya konektivitas ke daerah terluar perbatasan dan juga harus membantu pariwisata," sambung Menhub.

Menhub mengatakan, telah meminta Ditjen Perhubungan Udara dan kontraktor pelaksana pekerjaan untuk mempercepat proses pembangunan dengan menambah SDM, peralatan, dan optimalisasi waktu kerja Bandara Mentawai Baru.

Bandara Mentawai Baru nantinya akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti Runway yang lebih panjang yaitu 1.500 x 30 meter dari sebelumnya hanya 850 meter.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG:  Waspada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Mentawai dan 2 Daerah Sumbar

Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI), Budi Karya Sumadi disambut Wagub Audy Joinaldy dalam rangka melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat (Sumbar) ketika baru tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sabtu (20/11/2021).
Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI), Budi Karya Sumadi disambut Wagub Audy Joinaldy dalam rangka melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat (Sumbar) ketika baru tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sabtu (20/11/2021). (Istimewa/Dok.Biro Adpim Setdaprov Sumbar)

Baca juga: KMP Pulau Simasin Mati Mesin di Perairan Selat Sipora, Tim SAR Mentawai Evakuasi 109 Penumpang

Halaman
123
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved