Breaking News:

Nagari Sinuruik Maju dengan Pengentasan Stunting

Nagari Sinuruik masuk tiga besar dalam Nagari Peduli Stunting tingkat Kabupaten Pasaman Barat, lalu memperoleh predikat nomor dua pada akhir tahun.

Editor: afrizal
ist
Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, gencar melaksanakan program Kampung Bersih dalam rangka menciptakan lingkungan bersih dan sehat lingkungan. 

Penulis: Dasril.B, S. Pd
Sekretaris Nagari Sinuruik

Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, gencar melaksanakan program Kampung Bersih dalam rangka menciptakan lingkungan bersih dan sehat lingkungan. Dalam satu Tahun terakhir Nagari Sinuruik juga ditetapkan sebagai salah satu kategori Nagari Stunting dari 10 Nagari Stunting di Kabupaten Pasaman Barat.

Tahun 2019 Nagari Sinuruik masuk tiga besar dalam Nagari Peduli Stunting tingkat Kabupaten Pasaman Barat, lalu memperoleh predikat nomor dua pada akhir tahun.

Pada tahun 2020, Nagari Sinuruik kemudian memperoleh peringkat satu tingkat Kabupaten Pasaman Barat.

Nagari Sinuruik yang memiliki jumlah penduduk delapan ribu jiwa dan bermata pencaharian 75% sebagai petani, selalu berbenah dalam upaya menjadikan Nagari Sinuruik sebagai Nagari yang bersih dari Stunting.

Pembenahan ini dibuktikan dari peningkatan status Nagari Sinuruik sebagai Nagari Tertinggal pada tahun 2017 menjadi Nagari Maju pada tahun 2019.

Untuk mendukung lingkungan bersih dan sehat, Nagari Sinuruik sejak tahun 2019 telah memiliki sekitar 32 unit sarana sanitasi, 27 paket dari GerMas KemenKes, 30 unit Sandes Padat Karya dan 100 unit tahun ini dari kementrian PUPR.

Selain Sanitasi kita juga fokus memanfaatkan program PamsiMas dalam rangka mengakomodir kebutuhan air bersih masyarakat.

Di mana dalam pelaksanaannya pemerintahan nagari sinuruik fokus pengentasan pada masing-masing jorongnya.

Widodo Suhartoyo, Senior adviser ECED Tanoto Foundation mengatakan pilihan untuk memperbaiki sanitasi dan air bersih dalam rangka Percepatan dan penurunan stunting ini cukup strategis.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved