Berita Sumatera Barat

Sumatera Barat Terpilih Jadi Pilot Project, Pelayanan Kantor Urusan Agama Tingkat Nasional 2022

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ditunjuk sebagai pilot project pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA) tingkat nasional pada Tahun 2022 mendatang

Penulis: Wahyu Bahar | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK.HUMAS KEMENAG SUMBAR
Kakanwil Kemenag Sumbar, Helmi saat kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Layanan Mutu KUA, Kamis (28/10/2021) di Hotel Hayam Wuruk, Kota Padang. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ditunjuk sebagai pilot project pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA) tingkat nasional pada Tahun 2022 mendatang. 

Kakanwil Kemenag Sumbar, Helmi mengatakan bahwa Tim Kemenag RI menilai Sumatera Barat sudah melaksanakan pelayanan nikah sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Berkenaan dengan itu, Helmi minta jajaran KUA se- Sumatera Barat terus memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal kepada masyarakat.

Karena kata dia, dengan ditunjuknya Sumbar sebagai pilot project semestinya mendorong jajaran Kemenag Sumbar khususnya KUA dalam meningkatkan dan memperbaiki layanan kepada masyarakat. 

"Ndak bana dapek kandak urang tu, yang penting hatinyo sanang kalua dari kantua awak (walaupun keinginannya belum terkabulkan yang penting hatinya senang keluar dari kantor kita."

"Gunakan prinsip senyum sapa salam sopan dan santun. Jangan sampai kita dipidanakan karena tidak memberikan layanan kepada masyarakat," papar Kakanwil Helmi pada kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Layanan Mutu KUA, Kamis (28/10/2021) di Hotel Hayam Wuruk Padang. 

Baca juga: Perjalanan Ibadah Umrah Masa Pandemi Covid-19, Kemenag Rumuskan Skema Regulasi dan Referensi Biaya

Kakanwil Kemenag Sumbar, Helmi saat kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Layanan Mutu KUA, Kamis (28/10/2021) di Hotel Hayam Wuruk, Kota Padang.
Kakanwil Kemenag Sumbar, Helmi saat kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Layanan Mutu KUA, Kamis (28/10/2021) di Hotel Hayam Wuruk, Kota Padang. (ISTIMEWA/DOK.HUMAS KEMENAG SUMBAR)

Ke depan, Helmi mengharapkan bagaimana KUA kecamatan menjadi pusat layanan masyarakat terkemuka ditingkat kecamatan.

Ia menilai, masyarakat melihat Kementerian Agama itu dari KUA-nya, karena KUA adalah garda terdepan dari Kementerian Agama, maka saat ini Kemenag meminta supaya mutu layanan kepada masyarakat terus ditingkatkan.

Kemudian, Kakanwil juga memberikan apresiasi kepada KUA yang telah melakukan pekerjaan dengan baik, hal tersebut dibuktikan dengan naiknya tunjangan kinerja ASN di Kementerian Agama.

“Mudah mudahan dengan semakin bagus layanan kita, indeks kepuasan masyarakat meningkat ini juga akan meningkatkan tunjangan kinerja. Namun kita di Kementerian Agama memiliki keunggulan yaitu ikhlas dalam bekerja sesuai logo kita ikhlas beramal,” harap Helmi.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Helmi, Sosok Pejabat Baru Kakanwil Kemenag Sumbar

Baca juga: Kanwil Kemenag Sumbar Lakukan Revitalisasi Surau, Terkait Penguatan Moderasi Beragama

Sementara itu, Helmi mengungkapkan bahwa 62 persen dari pelayanan itu ditentukan oleh subjeknya, mulai dari Kepala KUA sampai ke bawah.

Lebih lanjut dikatakannya, pelayanan tentunya juga didukung peralatan dan sarana prasarana.

"Meski peralatan baik, tapi kalau orang yang melayani kurang baik hasil juga tidak akan baik," ujarnya.

Kakanwil juga mengingatkan Kepala KUA dan operator tidak ada lagi yang gagap teknologi.

“Jadi ke depan tidak ada lagi ASN Kementerian Agama yang tidak bisa mengoperasikan perangkat komputer, karena KUA akan diperkuat dengan kehadiran Simkah (Sistem Informasi Manajemen Nikah). Itu semua butuh kelihaian dalam teknologi,” tutur dia.

“Ke depan Sistem Informasi Manajemen Nikah di KUA akan diperkuat. Sehingga kemungkinan-kemungkinan terjadinya manipulasi data dan sebagainya bisa diminimalisir, karena setelah mereka menikah datanya langsung online ke data Disdukcapil,” tutup Doktor Helmi.(TribunPadang.com/Wahyu Bahar)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved