Breaking News:

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, TBM Lakukan Pertemuan dengan Dinas Perpustakaan Padang

Dinas perpustakaan Kota Padang melakukan pertemuan dengan Taman Baca Masyarakat (TBM) di kantor Dinas Perpustakaan Kota Padang kawasan GOR H Agus Sali

Penulis: Panji Rahmat | Editor: Saridal Maijar
TRIBUNPADANG.COM/RAHMAT PANJI
Perwakilan TBM dan Dinas Perpustakaan Kota Padang melakukan pertemuan Sabtu (16/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rahmat Panji

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Dinas perpustakaan Kota Padang melakukan pertemuan dengan Taman Baca Masyarakat (TBM) di kantor Dinas Perpustakaan Kota Padang kawasan GOR H Agus Salim Sabtu (16/10/2021).

Pertemuan tersebut dilakukan oleh perwakilan TBM Kota Padang dan Perpustakaan Kota Bukittinggi.

Para perwakilan TBM tersebut melukan sharing dengan Dinas Perpustakaan Kota Padang yang diwakili oleh Kepala Seksi Pengelolaan dan Pelestarian Bahan Pustaka Irda Suryani.

Baca juga: Ramalan Zodiak Asmara Hari Ini Minggu 17 Oktober 2021, Gemini Penuh Tekanan, Cancer Menderita

Irda membeberkan bahwa kegiatan sharing ini diinisiasi oleh para penggiat TBM Kota Padang.

"Pertemuan tadi kita cuma tukar pikiran kebetulan ada Nani Muis dari Perpustakaan Bung Hatta dan Sasri Bakri dari TBM Teras Talenta," ucapnya saat ditemui setelah selesai acara.

Sharing yang dilakukan hingga sore hari itu bertujuan untuk meningkatkan peran TBM dalam lingkungan dan daerah tempat TBM itu berada.

"Jadi karena ada perwakilan dari TBM lain kita tukar pikiran dan mencari jalan keluar atas persoalan yang ada di masing-masing TBM," ujarnya.

Baca juga: Kue Bika Khas Sumatera Barat, Berbahan Tepung Beras Campur Parutan Kelapa dan Dipanggang Atas Bawah

Selain itu Irda juga membeberkan bahwa saat ini TBM juga berupaya bersama Dinas Perpustakaan Kota Padang untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang masih rendah.

Irda juga berupaya memanfaatkan momen sekolah yang masih dilakukan secara daring pada saat ini agar bisa meningkatkan minat baca masyarakat tersebut.

"Tujuannya kita sebenarnya lebih ke anak-anak, karena pada saat ini mereka sedang belajar daring. Semoga saja melalui TBM yang berada di sekitar tempat tinggalnya mereka bisa dihimpun oleh TMB tersebut dan karang taruna setempat," ucapnya.

Saat ini Irda juga mengutarakan bahwa di Kota Padang ada sebanyak sekitar 22 TBM yang masih aktif.

Baca juga: Pencarian Bocah Hanyut Seusai Terjatuh dari Jembatan di Desa Matobek Mentawai, SAR Bagi 3 Tim

Ia juga berharap keberadaan TBM yang disupport oleh dinas Perpustakaan Kota Padang ini hendaknya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan minat membaca.

"Kita satu kali sebulan akan berkunjung ke setiap TBM dengan 2 armada pustaka keliling kita, jadi bagi masyarakat yang ingin meminjam dan memperpanjang bisa langsung dilakukan di sana," tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved