Breaking News:

Pemateri Jitu Pasna Sumbar: Keterlibatan Masyarakat Penting dalam Pendataan Pascabencana

Keterlibatan masyarakat sangat penting dalam pendataan pascabenca, guna mempercepat penanganan dan pemulihan.

Editor: Saridal Maijar
Istimewa
R Hutomo, Pemateri Jitu Pasna Sumbar 2021 dari Pusdiklat PB BNPB. 

TRIBUNPADANG.COM - Keterlibatan masyarakat sangat penting dalam pendataan pascabenca, guna mempercepat penanganan dan pemulihan.

Bergitu kata R Hutomo dari Pusdiklat PB BNPB saat menjadi pemateri pada peserta Bimbingan Teknis Jitu Pasna Provinsi Sumbar Tahun 2021 Gelombang III di Padang, Kamis (9/9/2021).

"Guna meminimalisir data yang tak akurat dampak kerusakan dan kerugian pascabencana, diperlukan keterlibatan masyarakat secara langsung dalam pendataan tersebut."

"Data Jitu Pasna dari masyarakat dilakukan verifikasi dan validasi oleh BPBD, ini diharapkan menjadikan penyimpangan semakin berkurang dan dapat dihindari," sebut R Hutomo.

Baca juga: Rancangan APBD 2022, Pemko Padang akan Bangun Gedung DPRD dan Youth Center 

Dikatakannya, terobosan yang dilakukan BPBD Sumbar dengan menyiapkan SDM yang menguasai Jitu Pasna dari tingkat kelurahan/nagari/desa patut diapresiasi.

Pendataan kerusakan dan kerugian pasca bencana lebih cepat. Sebab selain menguasai kondisi lapangan, dan ikut mengalami bencana yang terjadi di daerahnya masing-masing, mereka juga mampu menyiapkan data yang akurat.

"Pelatihan ini bukan sekali ini di Sumbar, tapi sebelumya juga telah sering dilakukan. Saya ikut memantaunya imbasnya dari pelatihan ini."

"Kecepatan laporan kebencanaan yang disampaikan, tidak hanya dalam bentuk poto atau dokumentasi bencana, tapi analisa kerusakan dan kerugian dari bencana yang terjadi," jelasnya.

Baca juga: Rancangan APBD 2022, Pemko Padang akan Bangun Gedung DPRD dan Youth Center 

"Di Kabupaten Agam, saya ada dalam group WhatsApp di sana, ada BPBD Kabupaten Agam, dan KSB dan pihak terkait lainnya dalam kebencanaan."

"Laporan bencana di lokasi masing-masing itu sudah bisa disiapkan oleh mereka yang sebelumnya pernah menjadi peserta Bimtek Jitu Pasna," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved