Breaking News:

Berita Padang Pariaman Hari Ini

BPBD Padang Pariaman Terima Alat Peringatan Dini, Ancaman Risiko Gempa Bumi dan Tsunami

BPBD Kabupaten Padang Pariaman merupakan satu–satunya di Sumatera Barat (Sumbar), yang menerima bantuan dari BMKG Pusat berupa peralatan peringatan di

Penulis: Wahyu Bahar | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK.KALAKSA BPBD PADANG PARIAMAN
Kalaksa BPBD Padang Pariaman, Budi Mulya saat melakukan pengecekan alat WES New Generation dengan Smart Display yg menampilkan data detail kajadian gempa bumi dan peringatan dini tsunami. 

Laporan wartawan TribunPadang.com, Wahyu Bahar

TRIBUNPADANG.COM, PARIAMAN - BPBD Kabupaten Padang Pariaman merupakan satu–satunya di Sumatera Barat (Sumbar), yang menerima bantuan dari BMKG Pusat berupa peralatan peringatan dini ancaman risiko bencana gempa bumi dan tsunami.

Alat peringatan dini ancaman risiko bencana gempa bumi dan tsunami dinamai; Warning Receiver System (WRS) New Generation.

Hal itu dikemukakan oleh Kalaksa BPBD Padang Pariaman, Budi Mulya kepada wartawan pada Selasa (20/7/2021) di Padang Pariaman, Provinsi Sumbar.

“WRS New Generation merupakan peralatan yang berguna untuk menerima informasi secara real time 24 jam, mengenai kejadian Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami yang berupa Smart Display,” kata Budi Mulya.

Hingga kini, sebut Budi Mulya peralatan tersebut ditempatkan di Pusat Pengendaian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumbar.

Sebelumnya, proses perakitan dan pemasangan peralatan ini dimulai sejak awal Juli 2021, sedangkan instalisasi final perangkat lunak mulai beroperasinya pada tanggal 19 Juli 2021.

Baca juga: Soal Perpanjangan PPKM Darurat di Padang, Walikota Hendri Septa: Rapatkan Dulu Bersama Forkopimda

Baca juga: Wako Genius Umar dan Istri Tinjau, Penyembelihan Hewan Kurban di Disdikpora Kota Pariaman

Dikatakannya, data yang diterima peralatan ini langsung dari BMKG Pusat untuk seluruh wilayah Indonesia secara umum dan secara khusus untuk wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

Budi Mulya juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak BMKG Pusat yang telah membantu Peralatan WRS New Generation ini.

“Tentu dengan adanya peralatan ini akan membantu BPBD dan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan Mitigasi dan pengurangan dampak resiko ancaman bencana Gempa Bumi dan Tsunami.

Kata dia, diketahui pada wilayah pesisir pantai Sumatera Barat masih menjadi ancaman serius bencana gempa bumi dan tsunami yang bersumber dari Megathrust Mentawai.

“Dengan adanya peralatan WRS New Generation ini, informasi akan menjadi terintegritas dengan peralatan Early Warning System (EWS) Tsunami milik BPBD Kabupaten Padang Pariaman yang tersebar di sepanjang pesisir pantai,” pungkas Budi Mulya.(*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved