Breaking News:

Idul Adha 2021

Catat! Ketentuan Penyembelihan Hewan Kurban Masa PPKM Darurat

Bersamaan momentum Hari Raya Idul Adha identik dengan kegiatan penyembelihan hewan kurban. Pada masa

Editor: Emil Mahmud
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Suasana pemotongan hewan kurban di pinggir rel kereta api di wilayah RW 01 Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta pada Idul Adha Tahun 2020 lalu. 

TRIBUNPADANG.COM - Bersamaan momentum Hari Raya Idul Adha identik dengan kegiatan penyembelihan hewan kurban.

Pada masa pandemi Covid-19 yang juga bertepatan dengan pelaksanaan kebijakan aturan PPKM darurat, kegiatan umat islam ini atur guna mengurangi penularan virus corona.

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban harus memperhatikan sebagai berikut :

Pertama, penyembelihan hewan kurban berlangsung dalam tiga poin hari, tanggal 11, 12 dan 13 Zulhijah untuk menghindari kerumunan di lokasi pelaksanaan kurban.

Kedua, pemotongan hewan qurban dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminansia (RPH R). Bisa juga di luar RPH. Kegiatan penyembelihan dengan protokol kesehatan ketat.

Pengulitan, pencacahan daging, dan pendistribusian daging kurban kepada masyarakat yang berhak menerima, wajib memperhatikan penerapan protokol kesehatan ketat, seperti penggunaan alat tidak boleh secara bergantian.

Ketiga, kegiatan pemotongan hewan kurban hanya boleh dilakukan oleh panitia pemotongan hewan kurban dan disaksikan oleh orang yang berkurban.

Pendistribusian daging kurban dilakukan langsung oleh panitia kepada warga di tempat tinggal masing masing dengan meminimalkan kontak fisik.

Baca juga: Panitia Diminta Tes Covid-19 Sebelum Pemotongan Hewan Kurban, Lansia & Anak-anak Dilarang ke Lokasi

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry B. Harmadi beberapa waktu lalu mengungkapkan, ada beberapa titik lengah yang harus diwaspadai saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yang perlu untuk diantisipasi dengan baik.

Pertama adalah pada saat interaksi antar warga yang melihat hewan ternak.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved