Breaking News:

Berita Kabupaten Solok

Update Fenomena Alam Waterspout di Danau Kembar Kabupaten Solok, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Sebuah video yang merekam fenomena menyerupai angin puting beliung - di Danau Kembar -- tepatnya di Danau Diatas, Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sum

Penulis: Rizka Desri Yusfita | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA
Angin puting beliung di kawasan Danau Atas, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, Minggu (27/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Sebuah video yang merekam fenomena menyerupai angin puting beliung - di Danau Kembar -- tepatnya di Danau Diatas, Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat viral di media sosial. 

Dalam rekaman terlihat gumpalan awan hitam yang disertai pusaran angin yang berputar.

Kepala Stasiun Meteorologi Minangkabau BMKG Padang Pariaman, Sakimin mengatakan peristiwa itu terjadi pada pukul 14.30 WIB, Minggu (27/6/2021).

Menurutnya, waterspout termasuk dalam fenomena cuaca ekstrem Puting Beliung, yakni fenomena alam berupa pusaran angin berbentuk corong yang terjadi di daerah perairan baik laut maupun danau. 

Ia menjelaskan, penyebab terjadinya waterspout tersebut berasal dari awan Cumulonimbus yang ditandai dengan dasar awan yang gelap.

Kemudian, diikuti dengan adanya suhu, tekanan, dan kelembaban udara yang jauh berbeda dibandingkan daerah di sekitar terbentuknya waterspout sehingga memicu pergerakan angin secara berputar. 

"Hasil analisis data menunjukkan kondisi atmosfer yang labil di wilayah Solok termasuk di wilayah Danau Kembar, yang mengindikasikan kemudahan timbulnya awan Cumulonimbus dan cuaca buruk," ungkap Sakimin.

Selain itu, lanjutnya, data citra radar cuaca juga menunjukkan terdapat pertumbuhan 
awan yang cukup kuat dengan angin berkecepatan mencapai 15 m/s – 20 m/s (54 km/jam –72 km/jam). 

Ia menambahkan, durasi terjadinya puting beliung ataupun waterspout cukup singkat dan cepat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved