Breaking News:

Potensi Sumber Daya Perikanan Laut Indonesia

sumber daya perikanan laut merupakan salah satu potensi sumber daya laut di Indonesia yang sejak dulu telah dimanfaatkan penduduk

Editor: afrizal
TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR
Seorang nelayan pada saat memperbaiki jaring tangkal ikan di Muara Lasak, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumbar, Senin (8/2/2021). 

TRIBUNPADANG.COM- Jelaskan potensi sumber daya perikanan laut Indonesia.

Artikel ini adalah bagian dari Laman Edukasi yang disediakan TribunPadang.com untuk jawaban berbagai pertanyaan populer.

Kali ini pertanyaan yang akan dijawab adalah potensi sumber daya perikanan laut Indonesia.

Melansir kemdikbud.go.id, sumber daya perikanan laut merupakan salah satu potensi sumber daya laut di Indonesia yang sejak dulu telah dimanfaatkan penduduk.

Baca juga: Jawaban Tema 8 Kelas 2 Halaman 120, Tahukah Kamu Kegunaan Gerakan Berjalan dan Berlari di Pantai?

Angka potensi lestarinya sangat besar yaitu 6,4 juta ton per tahun.

Potensi lestari adalah potensi penangkapan ikan yang masih memungkinkan bagi ikan untuk melakukan regenerasi hingga jumlah ikan yang ditangkap
tidak mengurangi populasi ikan.

Berdasarkan aturan internasional, jumlah tangkapan yang diperbolehkan adalah 80% dari potensi lestari atau sekitar 5,12 juta ton per tahun.

Namun, jumlah hasil tangkapan ikan di Indonesia belum mencapai angka tersebut sehingga ada peluang untuk meningkatkan jumlah tangkapan.

Antara wilayah Indonesia bagian Barat dan Timur ada perbedaan sebaran potensi perikanan ini.

Di Indonesia bagian Barat dengan rata-rata kedalaman laut 75 meter, jenis ikan yang banyak dtemukan adalah ikan pelagis kecil.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved