Breaking News:

Berita Padang Hari Ini

Seberapa Berbahaya Lalat, Jika Dibiarkan: Ini Penjelasan Ahli Epidemiologi dan Peneliti FKM Unand

Soal lalat masuk ke rumah-rumah warga dan Ahli Epidemiologi Indonesia dan peneliti Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand) se

Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
Istimewa
Tangkapan layar Pakar Epidemiologi Unand Defriman Djafri saat jumpa pers online bersama IJTI Sumbar baru-baru ini. 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG -- Ahli Epidemiologi Indonesia dan peneliti Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand) Defriman Djafri, berpendapat lalat yang menyerbu dan memasuki pemukiman warga dapat mendatangkan penyakit.

Menurut Defriman Djafri, lalat merupakan "vector foodborne diseases".

Sebelumnya, Peristiwa tersebut terjadi di Rt 03/Rw 01, Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) beberapa bulan terakhir ini.

"Artinya, penyakit manusia yang disebabkan oleh parasit, virus, dan bakteri yang ditularkan oleh vektor.  Salah satu vektor itu adalah lalat," kata Defriman Djafri, Sabtu (22/5/2021).

Kata dia, penyakit yang kemungkinan akan menjadi ancaman seperti diare, disentri, muntaber, typhus, dan lain-lain.

"Biasanya aktivitas transmisi agen patogen (patogen adalah agen biologis yang menyebabkan penyakit pada inangnya) dari lalat ke manusia sangat ditentukan oleh kemampuan lalat dalam memindahkan agen infeksius kepada inangnya," sebut Defriman Djafri.

Dikatakannya, sebagian patogen yang ada pada tubuh lalat adalah bakteri, virus dan jamur.

"Meskipun dari lalat yang dibiakan melalui laboratorium, itu juga mengandung e-coli. Jadi lalat biasanya bnyak berada di tempat-tempat kumuh seperti tempat sampah, pasar, peternakan dan tempat-tempat kumuh lainnya," katanya.

Dikatakannya, seharusnya hiegene sanitasi perumahan dan personal perlu ditingkatkan agar kita terhidar dari risiko penularan dari patogen-pantogen penyakit yang dibawa oleh lalat ini.

Penampakan kumpulan lalat yang ada di sekitar pemukiman warga di RT 03/RW 01, Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (22/5/2021).
Penampakan kumpulan lalat yang ada di sekitar pemukiman warga di RT 03/RW 01, Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (22/5/2021). (TribunPadang.com/reziazwar)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved