Breaking News:

DPRD Sumbar Segera Usulkan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Terpilih ke Mendagri

DPRD Provinsi Sumbar akan segera menyampaikan Usul Pengesahan Pengangkatan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih dalam Pemilihan Gubernu

TRIBUNPADANG.COM/RIZKA DESRI YUSFITA
Foto bersama usai DPRD Sumbar menggelar rapat paripurna di Gedung DPRD Sumbar, Selasa (23/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - DPRD Sumbar menggelar rapat paripurna di Gedung DPRD Sumbar, Selasa (23/2/2021).

Dalam paripurna tersebut, diumumkan pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy sebagai pemenang Pilgub Sumbar 2020.

Ketua DPRD Sumbar Supardi menyampaikan dalam Pasal 160 A ayat (4) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 dinyatakan, pengesahan pengangkatan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur dilakukan paling lambat 14 hari kerja sejak diterimanya usulan.

Baca juga: 11 Kepala Daerah di Sumbar Dilantik 26 Februari, Gubernur dan Wagub Maret 2021

Sehubungan dengan hal tersebut, kata Supardi, DPRD Provinsi Sumbar akan segera menyampaikan Usul Pengesahan Pengangkatan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2020 kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri, untuk segera mendapatkan pengesahan pengangkatannya.

"Kita tentu berharap, pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat ini, akan dapat ditetapkan paling lama empat belas hari sejak usulan disampaikan," kata Supardi.

Selain itu, dalam rapat paripurna pengumuman dan penetapan usul pengesahan pengangkatan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Supardi juga menyampaikan beberapa hal.

Baca juga: Kapan Mahyeldi-Audy Dilantik Jadi Gubernur dan Wagub Sumbar? Pj Gubernur Hamdani: Secepat Mungkin

Kata dia, sesuai dengan ketentuan Pasal 162 ayat (1) Undang Undang Nomor 10 Tahun 2016, Gubernur dan Wakil memegang jabatan selama 5 (lima) tahun.

Maka, sesuai dengan periodesasi dan pentahapan perencanaan pembangunan jangka panjang daerah, masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Dalam Pilkada Tahun 2020, merupakan periodesasi yang strategis dan sekaligus krisual oleh karena berada pada periodesasi terakhir dari RPJPD Provinsi Sumatera Barat Tahun 2005 - 2025.

Sebagai periodesasi terakhir dari RPJPD, maka akhir masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat nantinya, tidak hanya mewujudkan pencapaian target RPJMD Tahun 2021-2025 yang merupakan perwujudan visi, misi dan prioritas dari pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

Baca juga: Harga Emas Selasa 23 Februari 2021 di Pegadaian Padang, Emas UBS Naik jadi Rp 928.000 Per Gram

Halaman
12
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved