Breaking News:

Penanganan Covid

Penanganan Pandemi Covid-19, Kapuspen Kemendagri: Transparansi Informasi Jadi Kunci Utama

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan mengatakan transparansi informasi menjadi kunci

ISTIMEWA/DOKUMENTASI LAMAN KEMENDAGRI
Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan 

TRIBUNPADANG.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan mengatakan transparansi informasi menjadi kunci penanganan pandemi Covid-19.

Benni mengungkapkan, seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah harus tetap melaksanakan fungsi-fungsi pelayanan dengan mengoptimalkan teknologi informasi secara transparan, cepat, tepat, dan akuntabel.

Sehingga, penanganan Covid-19 ke publik dapat tercapai sesuai harapan.

“Komunikasi publik yang efektif menjadi salah satu kunci kesuksesan penanganan Covid-19,” kata Benni dalam Rapat Koordinasi Nasional ke-11 Komisi Informasi se-Indonesia, Senin (26/10/2020).

Menurutnya penyampaian informasi publik terkait Covid-19 harus disusun dengan tujuan jelas dan terukur.

Baca juga: Tes Covid-19 Pakai GeNose Hanya Bayar Rp 400, Biaya Termurah di Dunia

Tentunya hal itu mesti didukung dengan kerja sama semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, dalam upaya menciptakan ketenangan di tengah masyarakat.

“Perlu dilakukan koordinasi bersama-sama dalam membangun persepsi masyarakat bahwa dengan komunikasi publik yang integratif-sinergis, masyarakat merasakan bahwa pemerintah itu hadir dan tanggap dalam menghadapi situasi krisis yang terjadi pada saat sekarang ini,” ujar Benni.

Benni mengatakan, Kemendagri telah melakukan berbagai upaya dalam penanganan Covid-19.

Termasuk mengawal pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19.

Selain itu, Kemendagri juga sudah menerbitkan buku tentang pedoman manajemen bagi pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19.

Halaman
12
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved