Breaking News:

Penanganan Covid

Ketua MPR RI Minta Tingkatkan Disiplin 3M, Masih Ada Pemda Abai Protokol Kesehatan

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo alias Bamsoet meminta aparat pemda hingga masyarakat meningkatkan disiplin dalam menerapkan prot

KOMPAS.com/Haryantipuspasari
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo 

TRIBUNPADANG.COM, JAKARTA - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo alias Bamsoet meminta aparat pemda hingga masyarakat meningkatkan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

"Mendorong pemda bersama Satgas Penanganan Covid-19 untuk meningkatkan kedisiplinan aparat pemda dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, serta memastikan ketersediaan fasilitas yang mendukung di tempat-tempat yang terjangkau," ujar Bamsoet, dalam keterangannya, Kamis (22/10/2020).

Sebelumnya, Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19menilai makin banyak pemerintah daerah (Pemda) yang mulai abai dalam menegakkan protokol kesehatan

Pemerintah pusat diminta Bamsoet untuk mengingatkan kembali pemda yang abai tersebut akan bahaya penyebaran Covid-19 di daerahnya.

Tak hanya itu, pemda juga harus mengevaluasi kondisi meningkatnya kabupaten dan kota yang berubah status dari zona kuning yaitu wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19 menjadi zona oranye yaitu wilayah dengan risiko penularan Covid-19 yang sedang.

"Pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus berupaya mengembalikan kondisi wilayah yang sebelumnya berada di zona kuning dan hijau namun berpindah ke zona oranye, agar kembali ke zona yang memiliki tingkat penularan covid-19 yang lebih rendah," kata dia.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu mengingatkan semua pihak untuk memperhatikan dampak dari Covid-19 terhadap kondisi kesehatan pribadi dan lingkungan.

"Diharapkan agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Jangan merasa bahwa situasi sudah aman dan merasa nyaman, sehingga mulai melupakan pentingnya upaya pencegahan Covid-19," kata Bamsoet.

Sebagaimana diketahui, pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Oleh karena itu, pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Halaman
12
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved