Breaking News:

Berita Sumbar Hari Ini

Tragedi Gempa Sumbar 30 September 2009, BMKG: Makin Sering Gempa, Kurangi Potensi Skala Besar

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut semakin sering terjadi gempa, makin berkurangnya risiko megathrust

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/DOKUMENTASI
Ilustrasi: Peristiwa gempa 30 September 2009 diabadikan lalu dipajang di Hotel Grand Inna Padang. Dokumentasi foto peristiwa, direpro TribunPadang.com, pada Senin (30/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut semakin sering terjadi gempa, semakin berkurang terjadinya potensi gempa dengan skala yang besar.

Sebelumnya, peristiwa gempa pada 30 September 2009 silam berkekuatan Mw 7.6, yang terjadi di 25 kilometer/KM -- arah Barat Laut (SW) dari Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Sedikitnya 1.117 orang tewas, 1.214 luka-luka, 181.665 bangunan hancur atau rusak dan sekitar 451.000 orang pengungsi di daerah Padang - Pariaman.

Akibat gempa tersebut telah membuat tanah longsor, aliran listrik dan komunikasi terganggu di daerah tersebut.

Peta goncangan gempa bumi Padang dilaporkan meruntuhkan banyak bangunan di Kota Padang dan sekitarnya karena kekuatan getarannya yang cukup tinggi.

Berdasarkan perhitungan intensitas gempa bumi, goncangan di kota Pariaman dan Padang mencapai skala Instrumental Intensity VI-VIII, (VI) di Bukittinggi, (IV) di Bengkulu, Duri, Mukomuko dan Sibolga, (III) di Pekanbaru. Juga terasa (IV) di Gunungsitoli, Nias dan (II) di Jakarta, Jawa.

3 Kali Gempa Mengguncang Sumbar Sepekan Terakhir, BMKG: Tidak Ada Dirasakan Masyarakat

IAGI Sumbar Gelar Webinar: Potensi Bencana Likuefaksi di Kota Padang, Belajar dari Gempa Palu 2018

Dirasakan di seluruh Sumatera dan di sebagian besar Jawa. Merasa (III) di Singapura dan di George Town, Johor Bahru, Kuala Lumpur, Petaling Jaya Alam, Shah dan Sungai Chua, Malaysia.

Dirasakan di sebagian besar Semenanjung Malaysia dan jauh seperti Chiang Mai, Thailand. A 27-cm (pusat-ke-puncak) tsunami lokal tercatat di Padang, Sumatera Barat.

Menurut data historis gempa bumi merusak telah terjadi di daerah Padang dan sekitarnya sejak 26 Agustus 1835 sampai dengan 12 September 2009. Terdapat 16 kali gempabumi merusak dalam periode tersebut

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved