Breaking News:

Menyoal Pers Pada Masa Pandemi, FIB Unand Hadirkan Praktisi dan Akademisi di Webinar

Kehadiran Pers di negara Republik Indonesia sejatinya menjadi spirit bersama publik serta pro ke arah perubahan yang lebih baik.

TRIBUNPADANG.COM/EMIL MAHMUD
Ketua sekaligus Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Yuliandre Darwis yang tampil sebagai nara sumber bertajuk; Pers Di Masa Pandemi, Selasa (14/7/2020). Live Webinar kali ini diselenggarakan oleh Prodi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas serta menghadirkan sejumlah nara sumber lainnya, dari praktisi pers serta akademisi dari FIB Unand lainnya. 

TRIBUNPADANG.COM - Kehadiran Pers di negara Republik Indonesia sejatinya menjadi spirit bersama publik serta pro ke arah perubahan yang lebih baik.

Narasi dari para penyaji Webinar bertajuk; Pers di Masa Pandemi, yang diselenggarakan Program studi (Prodi) Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas (Unand) pada Selasa (14/7/2020) mulai pukul 09.00 hingga berlangsung selama tiga jam.

Semangat kebebasan pers serta kendala yang dihadapi para wartawan pada masa pandemi diulas oleh para nara sumber kali ini secara lugas dan bernas. Mereka yang dihadikan pihak panitia masing-masing dari akademisi Dosen Sejarah FIB Unand; Dr Wannofri Samry, M.Hum dan Israr Iskandar, SS.M.Si, 

Selanjutnya, dari praktisi pers Subroto Kardjo SH.M.Si serta John Nedy Kambang, yang juga Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Pengurus Daerah Sumatera Barat (Sumbar) serta Ketua sekaligus Komisioner Penyiaran Indonesia (KPI), Yuliandre Darwis, M.Mass.Comm, Ph.D.

Sebelumnya, acara dibuka oleh Ketua Prodi Sejarah Dr Anatona Gulo, M.Hum lalu kata sambutan dari Dekan FIB Unand Dr Hasanuddin M.Si.

Tampil selaku moderatornya, Yudi Andhoni, SS, MA serta host,  Yenny Narny,  SS, MA, Ph.D, yang juga Dosen Sejarah FIB Unand memandu live Webinar kali ini.

Webinar Bedah Buku Virtual IKA Unand, Tema Penutup Mozaik Gagasan dan Kisah Inspiratif

Sejarah Pandemi Covid-19 dan Tantangan KeIndonesiaan, Prioritaskan Identitas Bangsa dan Soliditas

Paparan materi oleh nara sumber mendapat tanggapan dar sejumlah parsipan yang berasal dari segenap penjuru tanah air, termasuk dari Indonesia Timur serta partisipan lainnya. 

Dari paparan para nara sumber Dr Wannofri Samry, M.Hum berjudul; Media Massa Dalam Dunia yang Berubah, mendeskripsikan sejarah perkembangan media massa dalam periodesasi tertentu di Indonesia.

Giliran Komisioner Penyiaran Indonesia (KPI), Yuliandre Darwis, M.Mass.Comm, Ph.D, mengulas tentang batasan kewenangan tugas KPI dalam mengawasi lembaga penyiaran, televisi serta radio di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, pengawasan oleh KPI malahan tak berkurang melainkan terus berlangsung sesuai situasi dan kondisi di masa pandemi.

Halaman
12
Penulis: Emil Mahmud
Editor: Mona Triana
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved