Berita Pasaman Barat Hari Ini

Pasaman Barat Berpotensi Andalkan Produk Minyak Serai Wangi, Dikunjungi Pusyantek FTI UBH

Tim Pusat Pelayanan Teknologi (Pusyantek) Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Bung Hatta mengunjungi kelompok pengusaha Minyak Serai

Pasaman Barat Berpotensi Andalkan Produk Minyak Serai Wangi, Dikunjungi Pusyantek FTI UBH
ISTIMEWA/DOK.DEKAN FTI UBH
Tim Pusat Pelayanan Teknologi (Pusyantek) Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta (FTI UBH) mengunjungi kelompok pengusaha Minyak Serai Wangi di Nagari Talu Kecamatan Talamau, Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Jumat (7/2/2020). 

Pusat Pelayanan Teknologi (Pusyantek) Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta (FTI UBH) Mengunjungi Kelompok Pengusaha Minyak Serai Wangi di Pasaman Barat

TRIBUNPADANG.COM - Tim Pusat Pelayanan Teknologi (Pusyantek) Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta (FTI UBH) mengunjungi kelompok pengusaha Minyak Serai Wangi yang berlokasi di Nagari Talu Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (7/2/2020).

Tim dipimpin langsung Dekan FTI, Dr Hidayat juga turut dihadiri Nesi Harmita, ST alumni Teknik Industri FTI UBH yang saat ini menjadi anggota DPRD Komisi III DPRD Kabupaten Agam beserta beberapa dosen FTI UBH dan juga Wali Nagari Tiku 5 Jorong Kecamatan Tanjung Mutiara, Agam.

Rilis yang diterima TribunPadang.com, Minggu (9/2/2020) menyebutkan kunjungan kali ini dalam rangka meninjau dan mengidentifikasi proses produksi Minyak Serau. Yakni, pembuatan minyak serai wangi mulai dari perkebunan sampai mesin pengolahannya.

Pada kesempatan itu, rombongan diterima oleh Wali Nagari Talu Sidro Hakimi, S.Pd dan perangkat Nagari lainnya di Aula Kantor Wali Nagari Talu.

Lanjut, kegiatan diawali dengan diskusi bersama Wali Nagari, kelompok petani serai wangi, serta pengusaha minyak serai wangi kemudian survei ke kebun dan pabrik pengolahan minyak serai wangi.

Dalam diskusi tersebut, Taufik Adrian selaku Ketua Asosiasi ATSIRI Pasaman Barat mengungkapkan, perlunya peningkatan kualitas dan efisiensi pengolahan minyak serai wangi agar memiliki nilai ke-ekonomian yang tinggi.

Dekan FTI Hidayat mengungkapkan, bahwa FTI memiliki jurusan Teknik Kimia yang mampu mengembangkan bermacam-macam produk hilir minyak asiri, jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro.

Sasarannya, untuk peningkatan kualitas proses pengolahan, serta jurusan Teknik Industri dan Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan untuk kemasan dan marketing ala moderen.

Sebelumnya, kunjungan ini menindaklanjuti hasil pertemuan Mardios, Wali Nagari Tiku 5 Jorong dengan Tim FTI sebelumya yang ketuai oleh Mirza Zoni beserta anggota Zulfadli, Erti Putri, Dessy Mufti, Riska Amelia dan Arnita sekitar dua minggu yang lalu di Nagari 5 Jorong.

Direncanakan kerjasam FTI UBH, Nagari Tiku 5 Jorong dan Nesi Harmita anggota komisi III DPRD Agam akan mengembangkan usah a minyak Serai Wangi guna meningkatkan ekonomi bagi warga Nagari Tiku 5 Jorong Kec. Tanjung Mutiara dan sekitarnya.(*/rls/TribunPadang.com)

Penulis: Emil Mahmud
Editor: Emil Mahmud
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved