Breaking News:

Simak Penjelasan BMKG Mengenai Penyebab Musim Kemarau Berlangsung Lebih Lama

Berdasarkan analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Pariaman, musim kemarau tahun ini diperkirakan akan lebih lama dan panja

Manggala Agni via Tribunpekanbaru
Pemadaman Karhutla beberapa waktu lalu di wilayah Riau. Ancaman Kebakaran Hutan Riau Bagi Sumbar, Mungkinkah Kabut Asap Sampai Ranah Minang? Ini Kata BMKG 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Berdasarkan analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Pariaman, musim kemarau tahun ini diperkirakan akan lebih lama dan panjang.

Kepala Stasiun Klimatologi Padang Pariaman Heron Tarigan mengatakan hal tersebut terjadi karena adanya keterlambatan pergeseran wilayah Inter Tropical Convergence Zone (ITCZ) ke Arah Selatan dari normalnya.

Prakiraan Cuaca BMKG di Sumatera Barat 3 Hari Ke Depan, Hujan Ringan di Sejumlah Wilayah

BMKG: Masyarakat Diminta Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan, Ini Alasannya

PRAKIRAAN CUACA BMKG di Sumatera Barat Tiga Hari Mendatang, Berawan dan Berpotensi Hujan Ringan

Menurutnya, ITCZ memiliki peran penting bagi kondisi dinamis di wilayah tropis.

Selain itu, musim kemarau tahun ini diperkirakan akan lebih lama karena suhu muka laut indonesia yg masih relatif dingin (anomali suhu air laut/SST di benua maritim indonesia negatif).

"BMKG memprediksi pada kisaran bulan November baru akan normal," tambah Heron Tarigan.

Kemudian, kata Heron Tarigan, jika dilihat dari fakta yang ada di sumbar khusus untuk bagian timur yaitu daerah Zona Musim (ZOM), curah hujan masih di bawah normal.

Dikatakan Heron Tarigan, jika wilayah Sumbar tampak berkabut, ia menduga itu terjadi karena pengaruh asap yang terjadi di Jambi.

Lalu, musim hujan yang terlambat datang katanya juga berpengaruh pada kabut karena jika ada hujan, udara yang berkabut akan lebih bersih karena terkena hujan. (*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Mona Triana
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved