Idul Adha 2019

Sapi Kurban 1,2 Ton dari Jokowi Disembelih di Masjid Raya Sumbar, Gubernur: Terima Kasih Presiden

Seekor sapi simental sumbangan Presiden Joko Widodo berbobot 1,2 ton akhirnya disembelih di Masjid Raya Sumbar, Minggu (11/8/2019).

Sapi Kurban 1,2 Ton dari Jokowi Disembelih di Masjid Raya Sumbar, Gubernur: Terima Kasih Presiden
TRIBUNPADANG.COM/RIZKA DESRI YUSFITA
Seekor sapi simental sumbangan Presiden Joko Widodo berbobot 1,2 ton disembelih di Masjid Raya Sumbar, Minggu (11/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Seekor sapi simental sumbangan Presiden Joko Widodo berbobot 1,2 ton akhirnya disembelih di Masjid Raya Sumbar, Minggu (11/8/2019).

Pemilik sapi Erfendi Rasyid warga Lundang, Nagari Panampuang, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam terlihat hadir sebelum penyembelihan.

Ia mengelus sapi tersebut dan mengabadikan momen bersama sapi yang juga merupakan pemenang kontes Livestock Expo Peternakan Sumbar 2019.

"Kami sudah merawatnya selama 3,5 tahun. Kami selalu beri makanan tambahan seperti ampas tahu dan kulit pepaya," kata Erfendi Rasyid.

Sebelum Disembelih, Sapi Kurban di Padang Ini Dimandikan Pakai Air Bunga 7 Rupa, lalu Didandani

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berharap daging sapi sumbangan Presiden Jokowi menjadi suatu manfaat bagi masyarakat.

"Saya atas nama masyarakat Sumbar berterima kasih karena sudah tahun kelima Presiden memberikan bantuan ke Masjid Raya Sumbar. Terimakasih Bapak Presiden," kata Irwan Prayitno.

Ia juga mengatakan daging sapi akan didistribusikan kepada warga kurang mampu.

"750 kupon akan kita berikan kepada warga yang membutuhkan, terutama warga pinggir kota dan kepada masjid dan musala yang tidak ada kurbannya," tambah Irwan Prayitno.

Salat Idul Adha 1440 H, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Ajak Jemaah Doakan Warga Palestina

Senada dengan Irwan Prayitno, Ketua Harian Masjid Raya Sumbar Yulius Said mengatakan sapi simental tersebut dibeli seharga Rp 80 juta.

"Dagingnya akan kita bagikan ke musala dan masjid dipinggir kota Padang yang tidak melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Sisanya warga sekitar masjid dan warga di tempat lain.

Musala dan masjid itu cukup banyak, tetapi sapinya hanya satu ekor. Mudah-mudahan tahun depan bisa dikordinasikan agar sapi yang dikurban lebih banyak sehingga pembagiannya lebih merata," harap Yulius Said.

BMKG: Gempa 5,3 SR di Pariaman Sumbar Dipicu Penyesaran Naik di Zona Megathrust Samudra Hindia

Satu ekor sapi sumbangan Presiden Jokowi ini, kata Yulius Said, hanya bisa dibagikan 25 kantong per masjid dan musala. Sementara, setiap masjid memiliki lebih dari 400 KK.

"Kami tadi sudah bicara dengan Kepala Dinas Peternakan, beliau sudah sepakat, tahun depan akan ada tempat pemotongan hewan kurban yang permanen di Masjid Raya Sumbar.

Insyaallah, karena memang antusias jemaah untuk berkurban sangat banyak," kata Yulius Said. (*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved