Breaking News:

Kodim 0307/Tanah Datar Perkenalkan "Sikowil" kepada Anggotanya

Setelah menerima Sosialisasi tentang Sikowil (Sistem Informasi Komando Kewilayahan) di Makorem pada beberapa waktu yang lalu,

Penulis: Emil Mahmud | Editor: Emil Mahmud
IST/DOK.PENREM 032/WIRABRAJA
Kodim 0307/TD melaksanakan Sosialisasi kepada seluruh anggota di jajarannya, sosialisasi Sikowil ( Sistem Informasi Komando Kewilayahan) Jumat (17/5/2019) di Aula Makodim Jalan Bagagatsya Batusangkar, Provinsi Sumatera Barat. Sebelumnya, Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi Sugianto Harahap memberikan arahan terkait kegiatan tersebut. 

TRIBUNPADANG.COM - Setelah sosialisasi tentang Sikowil (Sistem Informasi Komando Kewilayahan) di Makorem pada beberapa waktu yang lalu, Komandan Kodim (Dandim) 0307/TD Letkol Inf Edi Sugianto Harahap pun menyusul giat serupa guna menerapkan nantinya.

Sasarannya kali ini seluruh anggota di jajarannya, sosialisasi dilaksanakan pada Jumat (17/5/2019) di Aula Makodim Jalan Bagagatsya Batusangkar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Rilis penerangan Korem (Penrem) 032/Wirabraja yang diterima TribunPadang.com, Sabtu (18/5/2019) menyebutkan pelaksanaan sosialisasi dibuka oleh Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi Sugianto Harahap.

Dalam arahannya, dandim menyampaikan bahwa Sosialisasi Sikowil ini dilaksanakan untuk menjawab dan mengikuti Implementasi dan Perkembangan sistem komunikasi yang semakin berkembang.

Menurutnya, dalam menjawab dan mengikuti perkembangan tersebut, pihak Korem 032/Wirabraja yang diprakarsai oleh Komandan Korem (Danrem) Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, SIP memberikan sebuah solusi yaitu dengan adanya "Sikowil".

"Sistem Informasi Manajemen Komando Kewilayahan ini dimaksudkan untuk mengelola Administrasi dan Dokumentasi, Pelaporan, Pengawasan, dan Koordinasi tentang berbagai kegiatan komando kewilayahan untuk manunggal dengan rakyat dalam rangka Sistim Keamanan Pertahanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) di jajaran Korem 032/Wirabraja," papar dandim dikutip dari rilis Penrem 032/Wirabraja.

Seperti yang disampaikan oleh Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo beberapa waktu lalu bahwa "Sikowil” ini muncul untuk mencermati semakin kompleks dan dinamisnya kondisi akhir-akhir ini.

Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, SIP dan rombongan, Senin (22/5/2019) meninjau dan mengecek sejumlah pohon yang ditanam menyusul aksi penanaman sejuta pohon beberapa waktu lalu di wilayah Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.
Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, SIP dan rombongan, Senin (22/5/2019) meninjau dan mengecek sejumlah pohon yang ditanam menyusul aksi penanaman sejuta pohon beberapa waktu lalu di wilayah Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. (ISTIMEWA/DOK.PENREM 032/WIRABRAJA)

Sebelumnya, danrem mengemukkan perkembangan lingkungan strategis yang berpengaruh pada pelaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter), TNI memahami munculnya harapan masyarakat akan peran aktif Komando Kewilayahan.

Yakni imbuhnya, melalui fungsi Binter untuk lebih responsif dalam membantu pemerintah daerah, institusi terkait dan masyarakat umum untuk mengatasi berbagai persoalan di wilayah.

“ Dengan latar belakang itulah TNI saat ini terus mengupdate kemampuan diri termasuk terus mengembangkan sistem aplikasi untuk membantu mengelola berbagai macam kegiatan komando kewilayahan secara lebih teratur, baik dari sisi pencatatan dan dokumentasi informasi, struktur data, penyusunan, penyajian, pengawasan dan pengendalian kegiatan," tegas danrem pada saat sosialisasi di Makorem.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved