Breaking News:

Gudang Logistik Pemilu Terbakar

Pasca Terbakarnya Kotak Surat Suara, Hasil Rakor Tidak Ada Pemungutan Suara Ulang

Hasil Rapat Koordinasi (Rakor) memastikan tidak ada pemungutan suara melalui pemilihan umum ulang yang digelar oleh KPU XI

Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
TribunPadang.com/Rezi Azwar
Rapat koordinasi (Rakor) diikuti Bawaslu, bersama Kapolres XI Koto Tarusan, Ketua KPU XI Koto Tarusan, Dandim 0311, dan ketua partai. Rakor ini diadakan di lantai 2 Hannah Hotel Syariah di Jalan Zaini Zen, Painan, Iv Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Senin (22/4/2019) 

Laporan wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Hasil Rapat Koordinasi (Rakor) memastikan tidak ada pemungutan suara melalui pemilihan umum ulang yang digelar oleh KPU XI Koto Tarusan nantinya.

Hal itu dituangkan dalam hasil rakor yang diikuti Bawaslu, bersama Kapolres XI Koto Tarusan, Ketua KPU XI Koto Tarusan, Dandim 0311, dan ketua partai politik (Parpol).

Penyelenggaraan rakor ini diadakan di lantai dua Hannah Hotel Syariah di Jalan Zaini Zen, Painan, Iv Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (22/4/2019).

Ketua KPU XI Koto Tarusan, Epaldi Bahar, mengatakan setelah kejadian kebakaran tadi malam KPU sudah melakukan langkah-langkah dari memastikan kotak suara dari TPS mana yang terbakar, dan dalam pemilihan apa.

Ia mengatakan pihaknya menemukan dan memastikan bahwa kotak yang rusak dari TPS Kanagarian Kapuah, Kecamatan XI Koto Tarusan.

"Dalam pertemuan Rakor ini kami menyampaikan kepada pemimpin partai politik bahwa rekapitulasi Kecmatan tetap akan dilanjutkan pada esok hari," ujar Epaldi Bahar.

Ia menjelaskan, bahwa kejadian di Kecamatan XI Koto Tarusan ini tidak akan dilakukan pemungutan suara ulang.

"Khusus di TPS yang kotaknya terbakar ini dokumen yang kita gunakan untuk rekap adalah C1 yang sudah ada di KPU, sudah ada juga di Bawaslu, sudah ada juga di saksi parpol dan DPD beserta pasangan calon," kata Epaldi Bahar.

Ia menjelaskan kegiatan rekapitulasi sempat dihentikan, karena hingga kini pihaknya mencari kotak mana saja yang terbakar.

"Besok (Selasa 23/4/2019) kami akan melanjutkan rekapitulasi Kecamatan. Dan, akan selesai lambat pada tanggal 4 Mei 2019," ujar Epaldi Bahar.

Ia juga menjelaskan, lokasi rekapitulasi tetap di Kantor Camat XI Koto Tarusan. Dan, di Kecamatan XI Koto Tarusan ada 157 TPS, dan masing-masing TPS butuh waktu satu jam untuk menyampaikan persentasinya.

"Dalam pengamanan sudah setiap PPK ditugaskan delapan personel Kepolisian dan anggota TNI," katanya.

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved