Breaking News:

Pemilu 2019

Ketua DPR Minta KPU Antisipasi Pemungutan Suara Ulang, Termasuk di Sumatera Barat

Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengantisipasi

SERAMBI INDONESIA
ILUSTRASI 

TRIBUNPADANG.COM, JAKARTA -- Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengantisipasi kesalahan di lapangan sehingga pemungutan suara ulang berjalan lancar.

Karenanya, Bambang Soesatyo meminta KPU dan Bawaslu mendata dan mengevaluasi kesalahan di lokasi yang terjadi pemungutan suara ulang agar segera selesai.

Pemungutan suara ulang di Sumatera Barat (Sumbar), termasuk yang dimintai bersama di sejumlah daerah seperti Banten, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jambi, NTT, dan Papua.

"Bawaslu dan KPU harus melakukan evaluasi terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi di Pemilu 2019, serta memastikan hasil Pemilu 2019," kata Bambang Soesatyo melalui keterangan tertulis, Senin (22/4/2019).

"Serta tetap berdasarkan asas Pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (Luber Jurdil), serta transparan, berintegritas, profesional, dan menjaga independensi," lanjut dia.

Bambang ingin KPU mengantisipasi keterlambatan kedatangan logistik Pemilu, bencana alam, atau adanya pelanggaran administrasi saat pemungutan suara.

Dia juga meminta KPU untuk berkoordinasi dengan aparat Kepolisian dalam mengawasi dan menjaga jalannya pemungutan suara ulang agar berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang ikut serta dalam pemungutan suara ulang agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar, serta tidak mudah terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," lanjut politisi Golkar itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketua DPR Minta KPU Antisipasi Kesalahan di Pemungutan Suara Ulang"

Editor: Emil Mahmud
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved