Proses Pencarian Korban Longsor Tambang Bakan Dihentikan, 24 Korban Tewas, 5 Hilang dan 18 Selamat

Proses pencarian korban longsor di tambang Bakan, Kabupaten Bolaang Mongondow ( Bolmong) telah dihentikan Basarnas, Kamis (7/3/2019) siang.

Proses Pencarian Korban Longsor Tambang Bakan Dihentikan, 24 Korban Tewas, 5 Hilang dan 18 Selamat
tribunnews
kantong-jenazah-korban-longsor-tambang-bakan 

TRIBUNPADANG.COM - Proses pencarian korban longsor di tambang Bakan, Kabupaten Bolaang Mongondow ( Bolmong) telah dihentikan Basarnas, Kamis (7/3/2019) siang.

Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI Mar Budi Purnama mengatakan kondisi lokasi tidak memungkinkan lagi untuk proses evakuasi dan dapat membahayakan tim evakuasi.

"Ini sudah hari ke-10 operasi SAR gabungan dilaksanakan. Kita sudah menuntaskan semua pekerjaan kita. Berdasarkan berbagai pertimbangan kita hentikan," ujar Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI Mar Budi Purnama.

Setelah operasi SAR gabungan ditutup akan dilanjutkan dengan proses rehabilitasi.

"Operasi rehabilitasi oleh kantor SAR Manado bersama institusi lainnya. Mudah-mudahan keluarga korban menerima usaha yang telah kita lakukan," ujar dia.

Budi menjelaskan longsoran mulai terjadi pada saat proses evakuasi terakhir yang dilakukan pada 6 Maret 2019 dengan jumlah 18 kantong jenazah yang berhasil dievakuasi.

Evakuasi saat itu dilaksanakan sejak pagi hari kemudian dilanjutkan sampai pada Pukul 19.00 Wita.

Saat itu longsoran bebatuan mulai terlihat.

"Reruntuhan bebatuan terjadi berulang-ulang. Sehingga kita sepakat hanya tiga jam saja bekerja sambil dinilai apakah akan berlanjut atau tidak. Namun karena longsoran bebatuan terus berjatuhan maka kita hentikan," ujar Budi.

"Goa yang kita buka telah tertimbun oleh reruntuhan sampai pada Pukul 05.00 Wita. Saat itu kita memang sudah tidak bisa melanjutkan proses evakuasi," tambahnya.

Halaman
1234
Editor: Mona Triana
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved