Menkominfo Rudiantara Sebut akan Bangun Jaringan Internet Kecepatan Tinggi di 3 Daerah di Sumbar

Menkominfo Rudiantara merencanakan membangun jaringan internet berkecepatan tinggi di tiga daerah tertinggal, terdepan, terluar di Sumbar

Menkominfo Rudiantara Sebut akan Bangun Jaringan Internet Kecepatan Tinggi di 3 Daerah di Sumbar
TribunPadang.com/RizkaDesriYusfita
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memakai baju putih didampingi staff Kominfo dan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara merencanakan akan membangun jaringan internet berkecepatan tinggi di tiga daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Sumbar.

Daerah 3T tersebut di antaranya Kabupaten Kepulauan Mentawai, Solok Selatan, dan Pasaman Barat.

"Jaringan Internet berkecepatan tinggi merupakan cara Kominfo dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) membangun daerah 3T melalui kebijakan keberpihakan," ujar Rudiantara, Kamis (11/4/2019).

Pembangunan jaringan internet tersebut, kata Rudiantara, tidak melihat untung atau rugi.

Hal yang paling penting adalah agar masyarakat segera mendapat layanan internet.

"Pemerintah melakukan ini untuk mengurangi kesenjangan internet antara daerah perkotaan dan pedesaan. Sehingga nantinya semakin lama semakin menipis," tambah Rudiantara.

Bicara soal Perkembangan Teknologi, Menkominfo Rudiantara: ke Mana Anak Muda Minang?

Promo TIX ID Hari Ini, Tiket Nonton Film Hellboy di Cinema XXI Diskon 50 Persen, Cek Syaratnya

Proses pembangunan jaringan internet berkecepatan tinggi dilakukan secara bertahap. Sementara untuk keterhubungan koneksi berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan (jaringan backbone) di pusat kabupaten ditargetkan rampung pertengahan tahun.

"Semoga selesai tahun ini, tetapi sambungan sampai ke titik lebih terpencil seperti gunung, bukit, dan lain-lain kita lakukan secara bertahap, " harap Rudiantara.

Di samping itu, Kominfo dan Bakti mengupayakan SD, SMP, SMA, serta Madrasah harus terhubung dengan internet kecepatan tinggi menggunakan satelit sendiri.

Halaman
12
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: afrizal
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved