Danrem 032/Wirabraja Tanam Akar Wangi di Sitinjau Lauik, Sasar 11 Titik Longsor Jalan Padang-Solok

Manfaat dari ditanamnya tumbuhan akar wangi ini dapat mencegah tanah longsor, banjir, erosi, sedimentasi, dan memperbaiki kualitas tanah

Danrem 032/Wirabraja Tanam Akar Wangi di Sitinjau Lauik, Sasar 11 Titik Longsor Jalan Padang-Solok
TribunPadang.com/reziazwar
Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo beserta rombongan tanam akar wangi untuk cegah longsor di sepanjang jalur lalu lintas Padang-Solok, Sitinjau Lauik, Sumatera Barat, Sabtu (6/4/2019). 

Danrem 032/Wirabraja Pimpin Langsung Penanaman Akar Wangi Di Sepanjang Tebing Jalan Padang - Solok

Laporan wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Danrem 032/Wirabraja pimpin langsung penanaman akar wangi untuk cegah terjadinya longsor si sepanjang jalan Padang - Solok, Sabtu (6/4/2019).

Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo beserta rombongan menanam tumbuhan akar wangi (Vetiver) pada 11 titik longsor di sepanjang jalur lalu lintas Padang-Solok, Sitinjau Lauik, Sumatera Barat.

Penanaman ini dilakukan atas inisiatif dari Danrem 032/Wirabraja sebagai aplikasi langsung dari kelanjutan program mitigasi bencana dari Korem 032/Wirabraja untuk mengantisipasi ancaman bencana longsor akibat curah hujan yang tinggi.

Danrem mengatakan Vetiver Sistem adalah penerapan bioteknologi rumput Vetiver atau yang dikenal sebagai tumbuhan akar wangi (Chrysopogon Zizaniodes).

Danrem 032/Wirabraja Langsung Tanam Padi Black Madras Perdana di Padang Pariaman, Pakai Bios 44

Danrem 032/Wirabraja Tawarkan Bios 44 Jadi Solusi Atas Permasalahan Danau Maninjau

"Tumbuhan ini pertama kali dikembangkan oleh Bank Dunia untuk konservasi tanah dan air di India pada pertengahan tahun 1980," katanya.

Ia mengatakan manfaat dari ditanamnya tumbuhan ini dapat mencegah tanah longsor, banjir, erosi, sedimentasi, dan memperbaiki kualitas tanah.

"Tidak hanya itu, tapi masih banyak lagi manfaat yang akan didapatkan dari vetiver sistem ini," katanya.

Sebelumnya telah dilaksanakan peninjauan lokasi penanaman dan pembuatan lobang yang dilakukan oleh anggota Koramil 04/Lubeg Kodim 0312/Padang yang langsung dipimpin oleh Danramil 04/Lubeg, Mayor Inf Asrul Sani.

Menurut Komandan Kodim 0312/Padang, Letkol Czi Rielman Yudha tumbuhan Akar wangi adalah sejenis rumput akar tebal dan sangat kuat yang mampu melakukan penetrasi pada lapisan tanah sedalam 6 meter.

VIDEO- Live Streaming Juventus vs AC Milan Pukul 23.00 WIB, Gennaro Gattuso Sadar Kondisi Goyah

VIDEO- HASIL Madura United vs Persebaya Surabaya, Minimal Dua Gol Tanpa Balas Harus Diraih MU

Halaman
12
Penulis: Rezi Azwar
Editor: afrizal
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved