Danrem 032/Wirabraja Langsung Tanam Padi Black Madras Perdana di Padang Pariaman, Pakai Bios 44

Sama dengan jenis padi pada umumnya, jika padi biasa daunnya berwarna hijau maka black madras ini daunnya berwarna ungu

Danrem 032/Wirabraja Langsung Tanam Padi Black Madras Perdana di Padang Pariaman, Pakai Bios 44
TribunPadang.com/reziazwar
Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo saat lakukan penanaman perdana padi Black Madras dengan menggunakan Bios 44 di Padang Pariaman, Jumat (5/4/2019). 

Laporan wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo melakukan penanaman perdana padi jenis Black Madras dengan menggunakan BIOS - 44 bersama Kodim 0308/Pariaman.

Penanaman dilakukan di areal demplot sawah Kelompok Tani Indah Sakato I seluas satu hektar di daerah Ting Blau Korong Kasang, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (5/4/2019).

Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, hadir langsung di lokasi yang didampingi oleh Kasrem 032/Wirabraja, Kolonel Inf Edi Nurhabad, dan Para Kasi Rem 032/Wbr beserta Danyon 133/YS.

Kegiatan penanaman perdana Padi Black Madras dengan menggunakan BIOS-44 ini juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Padang Pariaman Yurisman, yang mewakili Bupati Padang Pariaman, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Taman Siswa Padang Dr.Ir Jamilah, , perwakilan mahasiswa Universitas Taman Siswa Padang, dan para tokoh adat,tokoh pemuda kecamatan Batang Anai.

Airmen Pancathlon Lanud Sutan Sjahrir, Peserta Ditantang Berenang hingga Bersepeda Berseragam PDL

Pratu Beny, Prajurit Yonif 133/YS Padang Tercepat Lomba Lari 5 Km di Air Force Run 2019 Pekanbaru

Dandim 0308/Pariaman Letkol Arm Heri Pujiyanto menjelaskan padi jenis Black Madras merupakan salah satu varietas padi dari India yang dikembangkan oleh Poktan Indah Sakato satu di daerah Korong Kasang, Kecamatan Batang Anai pimpinan Bapak Mursilan.

"Sama dengan jenis padi pada umumnya, jika padi biasa daunnya berwarna hijau maka black madras ini daunnya berwarna ungu," ujarnya.

Meski daunnya berwarna ungu, tetapi beras yang dihasilkan tetap berwarna putih.

Berkaitan dengan hal tersebut sesuai dengan program dari Danrem 032/Wirabraja tentang sosialisasi BIOS -44 di wilayah Sumatera Barat sebagai Dekomposer untuk pemulihan kesuburan tanah maka penggunaannya kali ini akan dikombinasikan dengan penanaman padi Black Madras sebagai contoh kepada petani di daerah yang lain nantinya.

Disdik Sumbar Belum Terima Laporan Terkait Temuan Ombudsman saat UNBK SMA di Padang

Maudy Ayunda Syuting Film Habibie & Ainun 3 Sebelum Berangkat Ke Amerika, Perankan Tokoh Ainun

"BIOS-44 sudah dicoba di berbagai tempat dan hasilnya ada perbedaan yang signifikan dari kualitas dan berat padi," ungkap Dandim Letkol Arm Heri Pujiyanto.

Halaman
12
Penulis: Rezi Azwar
Editor: afrizal
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved